Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Probiz

Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan

Suasana pelaksanaan Bimtek penyusunan laporan keuangan di kantor perbendaharaan Sultra.

*Kanwil Perbendaharaan

KENDARI – Kantor wilayah (Kanwil) Perbendaharaan Sulawesi Tenggara (Sultra), melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) tentang penyusunan laporan keuangan kementerian atau lembaga tingkat wilayah Semester I 2017.

Kepala Kantor Wilayah Direktoral Jenderal Perbendaharaan Sultra, Ririn Qadariah mengungkapkan, bimtek kali ini, bertujuan membentuk reformasi akuntansi untuk menciptakan budaya baru tata kelola pemerintahan. Terdapat empat budaya baru yang diciptakan melalui reformasi akuntansi pemerintahan. Pertama, mengajarkan prinsip kehati-hatian dalam menggunakan uang rakyat, kedua, prinsip kejujuran dan transparansi dalam mempertanggungjawabkan uang yang dipakai.

Ketiga menciptakan prinsip kesetaraan antara pihak yang mengaudit (auditor) dan pihak yang diaudit (auditee). Keempat meningkatkan koordinasi lintas organisasi. ”Sistem akuntansi menciptakan sistem pelaporan dan konsolidasi berjenjang, mulai tingkat satker, wilayah, eselon 1, level kementerian dan antar kementerian/lembaga dalam hal konsolidasi pembuatan laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP),” ujar Ririn dikantornya, Kamis (13/7).

Dia mengatakan, melalui acara bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tingkat Wilayah di Sultra, keempat budaya baru yang digerakkan oleh reformasi akuntansi pemerintahan  tersebut diharapkan akan dapat terlaksana dengan baik sebagai bagian usaha peningkatan perbaikan kultur didalam organisasi sektor publik yang diwujudkan dalam usaha LKKL meraih opini  WTP.

”Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan bimbingan teknis penyusunan laporan keuangan di wilayah Provinsi (Sultra) ini akan memberikan outcome berupa peningkatan pengelolaan keuangan negara yang sesuai dengan tata kelola dan praktik pengelolaan keuangan yang baik (best practices) serta sesuai dengan ketentuan perundangan,” harapnya.

Dia menuturkan, peningkatan pengelolaan keuangan ini, akan tercermin nantinya dari perolehan opini LKKL yang baik dan tentunya bermuara pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Semua upaya yang sudah kita laksanakan ini merupakan bagian dari ikhtiar kita bersama untuk terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara sesuai dengan tujuan kita berbangsa dan bernegara. Semoga dengan bimtek ini dapat semakin meningkatkan pemahaman peserta Bimtek dalam memahami penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan akuntansi berbasis akrual dan nantinya dapat berkontribusi secara nyata dalam menyiapkan dan menyusun laporan keuangan semester I tahun anggaran 2017 diinstansi masing-masing,” tutupnya. (rs)

Click to comment
To Top