Arah Koalisi Tergantung Kandidat – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

Arah Koalisi Tergantung Kandidat

Arah Koalisi Tergantung Kandidat

KENDARI –  Partai Hanura Sultra hingga kini belum memutuskan berkoalisi dengan partai  politik apa dalam pemilihan Gubernur Sultra. Penentuan koalisi akan diserahkan kepada kandidat.

Wakil Ketua DPD Partai Hanura Sultra Bandung menjelaskan, Hanura cuma memiliki tiga kursi di DPRD Sultra.  Sementara untuk mengusung calon dalam pesta demokrasi, kandidat harus mampu mengantongi dukungan minimal sembilan kursi. Olehnya itu, Hanura dipastikan akan menyatukan kekuatan dengan partai politik lain pemilik kursi parlemen supaya bisa mengusung calon di arena pemilihan kepala daerah.

 “Untuk koalisi ini, kami serahkan semua kepada kandidat. Calon yang harus berkomunikasi dengan partai politik lain,” jelasnya saat dihubungi via telepon, Kamis (13/7).

Dia memastikan tidak ada kader Hanura yang maju dalam arena pemilihan Gubernur Sultra. Karena itu, rekomendasi DPP Partai Hanura terhadap kandidat dipastikan akan cepat keluar. “ Sekarang tergantung kandidat bagaimana memanfaatkan peluang (agar bisa diusung Hanura),” jelasnya.

Partai Hanura Sultra sendiri sudah mencatat sembilan kandidat yang resmi mengambil formulir pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur. Kesembilan kandidat itu adalah Lukman Abunawas, Ali Mazi, Rusda Mahmud, LM Sjafei Kahar, Laode Ida, Laode Masihu Kamaluddin, Supomo, LM Rusman Emba, dan Ridwan Bae.

Dari sembilan calon, Rusda Mahmud dijadwalkan mengembalikan berkas pada hari ini (14/7). Sementara Ali Mazi berencana menyetor formulir pendaftaran pada Sabtu (15/7) sekitar pukul 14.00 Wita. (rs)

Click to comment
To Top