LIRA Gelar Seminar Politik – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Buton Raya

LIRA Gelar Seminar Politik

Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Buton Utara menggelar seminar sehari terkait peran masyarakat dalam pesta demokrasi.

BURANGA – Pentingnya membangun kesadaran akan peran serta politik masyarakat dalam suatu daerah terus digalakkan di Kabupaten Buton Utara (Butur). Terbaru, Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Buton Utara menggelar seminar sehari dengan tema itu dalam menghadapi pesta demokrasi.

Seperti diketahui, tak lama lagi akan menghadapi pemilihan Gubernur. Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Aula Hotel Mulia itu, LIRA Butur menghadirkan pembicara dari tiga kalangan, yakni dari Akademisi, politikus dan Instansi pemerintah daerah.

Akademisi diwakili Hendrawati Alhapsi dari Universitas Gajah Mada. Politikus diwakili Wakil Ketua DPRD Butur, Abdul Salam Sahadia, sedang dari unsur pemda diwakili Kepala Kesbangpol Butur, Sirajudin.

Sekda LIRA Butur, Muhammad Sairman Sadia mengatakan apa yang dilakukan pihaknya tidak lain demi terwujudnya cita-cita masyarakat Indonesia yang demokratis. Dimana, sangat penting kiranya membangun kesadaran politik rakyat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap momen pesta demokrasi.

“Upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap pesta demokrasi  sejatinya tidak dapat dibebankan hanya pada penyelenggara Pemilu saja, namun para stakeholder Pemilu, termasuk di dalamnya semua kalangan yang ada dimana saja,” ungkapnya.

Maman sapaan akrabnya, lebih jauh menjelaskan jika merujuk pada penyelenggaraan pemilu di Indonesia ditemukan fakta jikalau tingkat partisipasi masyarakat menunjukan tren yang terus menurun dari tahun ketahun.

Keengganan masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pesta politik tersebut menurutnya didasarakan atas beberapa faktor. Dari beberapa faktor tersebut salah satu diantaranya adalah soal kurangnya sosialisasi akan seberapa penting peran dan partisipasi politik masyarakat. ” makanya kegiatan-kegiatan seperti ini tentu sangat penting bagi masyarakat,” imbuhnya. (rs)

Click to comment
To Top