Soal PAW, KPU Sultra Bakal Konsultasi di Pengadilan Tipikor – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pilkada

Soal PAW, KPU Sultra Bakal Konsultasi di Pengadilan Tipikor

Soal PAW, KPU Sultra Bakal Konsultasi di Pengadilan Tipikor

*Dua Komisioner KPU Konsel di Vonis 1,3 Tahun Penjara

KENDARI – Meski  dua anggota komisioner KPU Konawe Selatan (Konsel), sudah dijatuhi hukuman pidana penjara 1,3 tahun oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), akan tetapi posisi sebagai komisioner KPU tidak serta merta langsung bisa dicopot oleh KPU Sultra.

Menurut Ketua KPU Sultra, dengan adanya putusan tersebut, pihaknya masih akan meminta keterangan dari Pengadilan Tipikor apakah kedua komisioner KPU Konsel yang sudah dijatuhi vonis itu mengajukan banding atau tidak dan bagaimana Jaksa Penuntut Umum (JPU) apakah tidak melakukan banding atas hukuman yang dijatuhkan oleh majelis hakim.

“Kami harus berkordinasi dulu dengan Pengadilan Tipikor. Jangan sampai, baik terdakwa maupun JPU mengajukan banding atas putusan tersebut,”terangnya, Selasa (11/7).

Dia juga mengatakan, kalau ada pihak yang mengajukan banding, maka KPU Sultra belum bisa melakukan proses Pergantian Antar Waktu (PAW). Pasalnya, kekuatan hukum tetapnya belum bersifat inkrah.

“Posisi KPU masih menunggu dulu apakah ini keputusan sudah inkrah atau belum,”tuturnya.

Tapi, kata pria yang akrab disapa Dayat itu,  kalau tidak ada proses banding maka keputusan hukumnya sudah inkrah atau sudah memiliki kepastian hukum tetap, maka KPU Sultra akan segera memproses PAW kedua komisioner KPU Konsel.

Untuk diketahui, Dua komisioner KPUD Konsel, yakni Sutamin Rembasa dan Yusran, merupakan terdakwa Kasus Tindak Pidana Korupsi terkait dana hibah KPUD Konsel, untuk sewa kendaraan selama proses Pilkada tahun 2015 lalu, di vonis oleh majelis hakim dengan pidana penjara satu tahun tiga bulan, dan denda Rp 50 juta.

Sebelumnya juga, tiga rekan terdakwa sudah divonis oleh majelis hakim dengan hukuman 1,4 tahun penjara dengan denda Rp 50 juta. (rs)

Click to comment
To Top