KPU Sultra Laporkan Hasil PSU di MK – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

KPU Sultra Laporkan Hasil PSU di MK

KPU Sultra Laporkan Hasil PSU di MK

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra sudah selesai melaporkan hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tujuh TPS Pilkada Bombana.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah menyampaikan, pihaknya bersama dengan pihak termohon yakni KPU Kabupaten Bombana sudah dimintai keterangan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pelaksanaan PSU Bombana.

Hanya saja, kata Dayat, persidangan yang dilakukan oleh MK berbeda dengan sidang PSU Tolikara. PSU Tolikara, tambah Dayat, MK melakukan pendalaman hasil PSU, sementara PSU Bombana, MK hanya mendengarkan laporan pelaksanaan PSU tanpa melakukan pendalaman.

“Jadi persidangan MK (kemarin-red) adalah sidang untuk mendengarkan laporan dan tidak melakukan pendalaman seperti sidang PSU Tolikara yang lalu,”tutur Dayat, melalui pesan singkat yang dikirimkan kepada koran ini.

Selain KPU Sultra dan pihak termohon yang dimintai keterangan, KPU RI, Bawaslu Pusat hingga tingkat Panwaslu Bombana ikut serta dimintai keterangan.

Selanjutnya, sambung Hidayatullah, pasca sidang perdana PSU tersebut, MK akan melakukan sidang sekali lagi. Dimana, kata dia, sidang berikutnya, agendanya yakni mendengarkan putusan dari MK.

“Nanti MK akan bersidang sekali dengan agenda mendengarkan,”ungkapnya.

Sekedar diketahui, Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Bombana Tahun 2017 diajukan oleh pasangan calon Kasra-Man Arfah. Perkara tersebut masuk ke meja MK dengan nomor registrasi 34/PHP.BUP-XV/2017. Setelah disidangkan, ternyata MK memutuskan PSU di tujuh TPS. Setelah PSU selesai, kini perkara tersebut embali bergulir di MK. (rs)

Click to comment
To Top