Usulkan Perda Retribusi Pajak Reklame – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Metropolis

Usulkan Perda Retribusi Pajak Reklame

Subhan ST

KENDARI – Kota Kendari terus memaksimalkan potensi-potensi PAD dari sektor perpajakan. Salah satu sektor potensial adalah reklame.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Subhan melihat jika Kendari sebagai kota jasa, maka daerah ini dapat jadikan pajak reklame sebagai salah satu sektor penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kendari.

“Untuk itu, kami harapkan Dinas Pendapatan Kendari dapat memaksimalkan hal tersebut,” katanya, saat ditemui diruang kerjanya, belum lama ini.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini, mengungkapkan, ketika pihaknya berkunjung ke Kota Bandung, infrastruktur pendukung pengoptimalan pajak reklame di daerah tersebut sangat baik. Dimulai dari payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) hingga Peraturan Walikota (Perwali) hingga pengaturan zonanisasi penempatan reklame di daerah tersebut.

“Sebuah contoh yang sangat baik dan akan kami koordinasikan dengan dinas pendapatan sebagai instansi teknis yang menangani pajak reklame. Sehingga pengelolaanya bisa lebih maksimal lagi dan berdampak pada meningkatnya PAD,” terangnya.

Subhan, menambahkan, PAD yang dihasilkan dari sektor pajak reklame ini cukup besar yakni berkisar Rp 10 miliar. Jadi dirinya menilai, jumlah ini akan bisa semakin ditingkatkan jika infrastruktur pendukungnya bisa dimaksimalkan dengan baik.

Saat ini, jelas dia, perda tentang pajak dan retribusi memang sudah ada. Tetapi untuk perda yang mengatur secara khusus tentang pajak reklame belum dimiliki Kendari. Jadi pihaknya berpikir perlu dibuat perda khusus terkait hal tersebut.

“Kendari telah memiliki Perda Nomor 2 tahun 2011 tentang pajak retribusi daerah. Tetapi untuk lebih spesifik lagi kami akan mengusulkan Perda tentang retribusi pajak reklame,” tandasnya.(rs)

Click to comment
To Top