PGRI Harap Kesejahteraan Guru Diperhatikan – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

PGRI Harap Kesejahteraan Guru Diperhatikan

Ketua PGRI Sultra Dr Halim Momo (kedua dari kiri) bersama dengan Plt Rektor UHO (kanan) usai pelaksanaan Konfrensi Kerja Provinsi ke 3 PGRI Sultra.

KENDARI – Wacana penerapan Full Day School (FDS) disekolah menjadi perhatian pegiat pendidikan, yang salah satunya datang dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Ketua PGRI Sultra Dr Abdul Halim Momo mengungkapkan penerapan FDS bisa saja direalisasikan jika pemerintah menyiapkan infrastruktur yang memadai. Sebaliknya, infrastruktur yang minim di sekolah jangan di paksakan untuk menerapkan konsep yang sama.

“Sekolah di Sultra masih banyak yang memiliki sarana dan prasarana yang sangat minim. Saking minimnya, ada SMP satu atap yang konon setiap pekan hanya bisa digunakan tiga hari saja,” katanya, Minggu (18/6).

Selain itu, penerapan FDS juga mesti seiring sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan guru, terlebih kepada mereka yang berstatus guru kontrak maupun honorer. Kedua status tersebut, kata Halim, selalu memporsikan banyak waktu dan tenagannya untuk mendidik dan mengajar siswa. Sehingga gaji yang di peroleh seharusnya sepadan dengan tugas yang mereka emban.

“Kita sangat mengharapkan agar guru kontrak maupun honorer bisa mendapatkan gaji sesuai dengan UMR,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, berencana penerapan lima hari sekolah atau Full Day School (FDS) yang bertujuan untuk memperbaiki sistem penilaian kerja guru. Hal ini seiring dengan terbitnya peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2017 tentang revisi beban kerja guru. (rs)

Click to comment
To Top