Pembangunan Mesjid Raya Butur Dimulai – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Buton Raya

Pembangunan Mesjid Raya Butur Dimulai

Abu Hasan saat meletakan batu pertama pembangunan mesjid Raya Butur. Lokasi ini sebelumnya merupakan tempat mesjid Ataqwa sebagai mesjid pertama kalinya yang ada di Butur.

BURANGA – Setelah sempat tertunda rencana pembangunannya, kini Mesjid Raya At-taqwa di Kecamatan Kulisusu, Butur, akhirnya resmi dibangun pemerintah daerah setempat.

Rencananya, mesjid ini nantinya akan dijadikan sebagai mesjid Agung atau Mesjid Raya di Butur.

Sebagai tanda dimulainya pembangunan mesjid itu, Sabtu (17/6) dilakukan peletakan batu pertama Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Danramil Kulisusu Mayor Inf. Prasetya dan Kapolsek Kulisusu AKP Susanto, Perangkat adat kulisusu, serta sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Bupati Butur Abu Hasan mengatakan, dirinya sengaja memilih lokasi di eks mesjid At-Taqwa Kulisusu tersebut untuk membangun mesjid Raya Butur.

Alasannya, selain karena letaknya yang sangat sentral, di lokasi itu punya nilai historis tersendiri bagi masyarakat daerah setempat.

“Mesjid ini merupakan mesjid pertama kalinya yang ada di Kulisusu. Mesjid ini posisinya berada ditengah-tengah permukiman warga antara Desa Lipu dan Desa Bangkudu. Kedua Desa itu dahulunya merupakan Desa yang sangat besar pada zamannya,” ungkapnya.

Dikisahkah Abu Hasan, mesjid itu dahulu telah menjadi sarana pemersatu antara Desa Bangkudu dan Desa Lipu, karena fungsinya yang sebagai tempat terciptanya kerukunan karena sebagai sarana ibadah.

Diapun berharap kedepannya mesjid ini terus menjadi pusat kegiatan keumatan. Sebab untuk pembangunannya, selain didesain sebagai tempat beribadah, disisi lainya utamanya dibagian belakang bangunan mesjid telah dipersiapkan untuk perpustakaan, dan tidak menutup kemungkinan dalam perjalanannya dijadikan pesantren mini.

“Tidak lama lagi Insya Allah kalau tidak ada aral melintang enam bulan kedepan Mesjid ini sudah bisa berdirih kokoh ditengah tengah masyarakat Kulisusu. Muda-mudahan cuaca bagus, tidak ada gangguan dari akibat kondisi alam yang tidak bersahabat, mesjid ini selesai dikerjakan,” imbuhnya. (rs)

Click to comment
To Top