Mobil Camat Ditarik, BPKAD “Pedoko”  – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Muna Raya

Mobil Camat Ditarik, BPKAD “Pedoko” 

Zakaruddin Saga

LAWORO – Penarikan tiga mobil dinas milik Camat Lawa, Barangka dan Tikep oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna membuat Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Muna Barat Zakaruddin Saga angkat bicara. Dia bilang, penarikan mobil tersebut inkonstitusional.

“Penarikan itu telah melanggar Undang-Undang No. 14 tahun 2014 tentang pemekaran Muna Barat. Di mana dalam undang-undang tersebut semua aset baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak yang berada di Kabupaten Muna Barat merupakan aset Pemda Mubar yang harus diserahkan oleh Pemda Muna,” jelasnya.

Dia juga mempertanyaan tindakan yang dilakukan oleh Camat itu sehingga mengembalikan aset kepada Pemda Muna. “Kenapa tiga Camat ini serta merta menyerahkan aset ke Muna Induk,” tanya Zakaruddin.

Menurutnya penarikan itu seharusnya bukan ditujukan kepada ketiga camat tersebut tetapi ditujukan kepada PNS yang pindah dari Muna ke Muna Barat yang ikut membawa mobil dinas mereka di Kabupaten Muna Barat. Makanya kata dia surat tersebut salah alamat.

“Kemudian surat itu ditujukan kepada personel dan itu bukan kepada Camat tetapi kepada PNS Muna yang pindah ke Mubar dengan membawa aset Muna ke Muna Barat dan itu memang harus disurati secara personal dan tidak melibatkan Pemda Mubar, “ujarnya

Dia bilang dengan kejadian ini Pemda Mubar tidak tau kalau aset itu ada di Muna karena kata dia Pemda Mubar masih menganggap aset yang ditarik oleh Pemda Muna itu masih dalam penguasaan ketiga Camat tersebut.

“Meski ketiga Camat itu telah membuat surat pernyataan bahwa saat ini kendaraan tersebut dalam penguasaan Pemda Muna dan dalam keadaan rusak, ada juga bahwa kendaraan tersebut betul-betul telah dikembalikan tetap kami tidak mau tau. Terserah mereka akan seperti apa, yang kami tau mobil itu masih ada sama mereka, ketika itu tidak ada maka kami anggap mereka telah melakukan penggelapan aset,” ucap Zakaruddin. (rs)

Click to comment
To Top