Gubernur Tetapkan Dua Lokasi Besar Salat Idulfitri – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Metropolis

Gubernur Tetapkan Dua Lokasi Besar Salat Idulfitri

Gubernur Tetapkan Dua Lokasi Besar Salat Idulfitri

KENDARI – Pemprov Sultra telah menetapkan dua lokasi pelaksanaan salat Idulfitri 1438 Hijriah tahun 2017 yakni dipusatkan di Tugu Persatuan MTQ Square dan Masjid Al Alam.

Ada beberapa pertimbangan penempatan dua lokasi yang akan digunakan untuk salat Idulfitri tahun ini, untuk pelaksanaan di Masjid Al Alam, guna menggungah semangat aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemprov Sultra memakmurkan masjid, tanpa terkecuali juga masyarakat Kendari dan sekitarnya.

“Daya tampung Masjid Al Alam kita itu sekitar 6.000 jemaah. Lantai I dan lantai II sudah bisa kita pakai maksimal. Meskipun lantai II nantinya belum rampung pemasangan marmernya, bisa dibersihkan dulu dan digelar tikar. Kalau maksimal bisa menampung sampai 8.000 jemaah,” ungkap Nur Alam.

Dia menginstruksikan kepala SKPD lingkup Pemprov Sultra agar bisa mengajak para jajaran stafnya untuk salat idulfitri di masjid Al Alam. Dengan jumlah pegawai yang cukup besar, maka dia yakin jika semua kepala SKPD berkomitmen mengajak para stafnya maka akan sangat ramai.

“Ini bukan paksaan, tapi bagaimana supaya para pegawai kita tau apa yang jadi komitmen bersama. Begitu juga masyarakat bisa melihat semangat untuk membangun mesjid Al Alam,” tuturnya.

Sementara di pelataran MTQ Square pelaksanaannya dipercayakan kepada Kanwil Kemenang Sultra, meskipun juga dalam naungan Pemprov Sultra.

Nur Alam berharap para ASN lingkup Pemprov Sultra melaksanakan salat idulfitri di Masjid Al Alam. Dia juga mengajak masyarakat untuk ikut salat di mesjid yang dibangung di salah satu sisi tengah Teluk Kendari itu.

Dinas SDA dan Bina Marga Sultra juga diperintahkan agar segera melakukan kroscek terkiat akses masuk masjid. Pasalnya belum lama ini digunakan untuk pelaksanaan nuzululquran, kondisinya cukup memprihatinkan. Akhibat diguyur hujan, akses masuk masjid cukup licin dan berlumpur.

Biro Umum, Biro Kesra dan Dinas SDA dan Bina Marga, kata Nur Alam menyelesaikan tugas sesuai tupoksi dan tanggungjawabnya masing-masing dalam mempersiapkan pelaksanaan salat Idulfitri 1438 hijriah.

Rapat persiapan pelaksaan salat idulfitri terkahir menurut Nur Alam dan jadi yang pertama kali dipimpin langsung olehnya.

Rapat tersebut dihadiri para kepala SKPD lingkup Pemprov Sultra, meskipun ada beberapa kepala SKPD yang berhalangan hadir dengan alasan perjalanan dinas. (rs)

Click to comment
To Top