Gubernur Minta Warga Waspada Saat Mudik – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Sultra Raya

Gubernur Minta Warga Waspada Saat Mudik

ilustrasi

KENDARI – Mudik lebaran idulfitri 1438 hijriah sudah mulai. Tak jarang, terjadi kelalaian saat berkendara ataupun keadaan lain yang tidak diinginkan terjadi saat mudik. Apalagi saat ini, kondisi cuaca baik curah hujan tidak menentu dan gelombang cukup tinggi.

Gubernur Sultra H Nur Alam mengimbau agar kegiatan mudik yang jadi rutinitas tahunan dan biasa dilakukan masyarakat untuk ke kampung halaman ataupun berpergian ke suatu tempat, agar tetap berhati-hati dalam menggunakan jalan. Apalagi cuaca yang tidak mendukung otomatis akan menyebabkan jalan licin, banyak tanah longsor sehingga membuat perjalanan kurang nyaman.

“Untuk itu, saya inginkan semua tetap waspada dan hati-hati dalam menggunakan kendaraan bermotor saat pulang dan pergi,” pesan Nur Alam.

Apalagi, menurut gubernur peraih Bintang Maha Putera Utama ini saat mudik lebaran 2017, khusus iklim dan gelombang laut kondisinya buruk. Untuk itu, dia berharap agar masyarakat yang akan mudik lebaran tidak memaksakan menggunakan kapal laut.

Karena banyak alternatif untuk sampai ditempat tujuan baik melalui jalur darat atau akses udara yang sudah disiapkan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita tidak inginkan sdanya kecelakaan yang terjadi saat mudik lebaran tahun ini. Meskipun tahun sebelumnya selalu ada, tapi tahun ini kalau bisa zero atau nol,” harap mantan Ketua DPW PAN Sultra tiga periode itu.

Tahun 2016, Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) selama momentum mudik dan arus balik lebaran 1437 Hijriyah di Sulawesi Tenggara (Sultra) mencapai 30 kasus, 11 korban dalam kasus tersebut meninggal dunia.

Data Kepolisian Daerah (Polda) Sultra menyebutkan, selain korban meninggal dunia, lakalantas yang terjadi antara 30 Juni hingga 11 Juli 2016 tersebut, juga terdapat 12 korban luka berat dan 37 orang luka ringan. (rs)

Click to comment
To Top