Gandeng Media Massa Sosialisasikan KKBPK – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Metropolis

Gandeng Media Massa Sosialisasikan KKBPK

Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Ali Ismail.

KENDARI – Meningkatkan dan mendukung penyebaran informasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), BKKBN Perwakilan Sultra menggandeng media massa. Pertemuan kemitraan tingkat provinsi tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai 18-19 Juni 2017.

Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Ali Ismail dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan evaluasi dari berbagai instansi menyebutkan BKKBN saat ini berada di urutan teratas dibandingkan dengan instansi yang lain dalam hal publikasi.

Menurutnya, tidak ada satu institusi yang besar tanpa bantuan dari pihak media.

“Kalau mau intstitusi itu besar maka harus menggandeng media, harus membangun hubungan baik dengan media karena dari media kita bisa dikenal oleh masyarakat di Sultra,” katanya di Hotel Wixel, Minggu (18/6).

Indonesia saat ini berada pada urutan ke empat dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Jika tidak dilakukan penanganan maka tidak menutup kemungkinan Indonesia akan berada pada urutan ke tiga menggantikan Amerika Serikat, sedangkan Amerika Serikat akan mengambil posisi ke empat.

Hal ini terjadi jika TFR tidak berhasil diturunkan. Selain itu, kualitas SDM Indonesia juga masih sangat rendah dari negara lainnya, jangankan Asia secara umum di Asia Tenggara saja Indonesia belum bisa mengalahkan kualitas SDM dari negara tetangganya.

Sementara itu, Ketua Panitia Muslimin menerangkan, kegiatan ini berlandaskan undang undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, pasal 1 ayat 1 dijelaskan bahwa kebijakan program keluarga berencana dilaksanakan untuk membantu calon atau pasangan suami istri dalam mengambil keputusan terhadap lima hal, yaitu usia ideal perkawinan, usia ideal untuk bersalin, jumlah ideal anak, jarak ideal kelahiran anak dan penyuluhan kesehatan reproduksi.

Selanjutnya, pada pasal 2 ayat 2 juga disebutkan, lima program KB tersebut dapat terwujud jika dilakukan dengan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). KIE diselenggarakan pada seluruh pengelola program mulai dari tingkat nasional hingga tataran yang paling bawah termasuk peran media dalam mengampanyekan program KKBPK.

“Tujuan dari kegiatan kemitraan ini ada dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umumnya sebagai wadah untuk mengembangkan program KKBPK melalui peran media, sedangkan tujuan khususnya antara lain meningkatkan kualitas pengetahuan para wartawan terkait dengan program KKBPK dan sarana untuk mengikatkan komitmen para media dalam mendukung program KKBPK serta sebagai wadah memupuk kembali ikatan penulis keluarga berencana yang beberapa tahun terakhir sempat macet,” terangnya. (rs)

Click to comment
To Top