Citilink Diajak Buka Rute Lokal Sultra – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Probiz

Citilink Diajak Buka Rute Lokal Sultra

Citilink Air Bus A-320

KENDARI – Pemprov Sultra mengajak maskapai Citilink Indonesia membuka penerbangan rute lokal demi mendorong percepatan kemajuan perekonomian antardaerah di Sultra.

Kepala Dinas Perhubungan Sultra Hado Hasina, Jumat (16/6) mengatakan, lima bandar udara memenuhi syarat untuk didarati pesawat ukuran sedang, dan secara bisnis yang tidak berisiko kerugian bagi maskapai bersangkutan.

“Bandar-bandar udara tingkat daerah itu adalah Bandara Matahora di Kabupaten Wakatobi, Sangia Ni Bandera di Kolaka, Sugimanuru di Muna, Betoambari di Kota Baubau, dan Halu Oleo di Konawe Selatan,” kata Hado.

Jika pembukaan rute penerbangan lokal Sultra terwujud berarti konektivitas antardaerah makin terbuka sehingga berdampak pada pergerakan orang dan barang dari satu daerah ke daerah lain dalam waktu relatif singkat.

“Pihak perusahaan penerbangan akan menganalisis dari segi bisnis. Kalau menguntungkan tidak ada masalah, tetapi kalau tidak dapat menutupi biaya operasional maka harus ada solusi,” katanya.

Salah satu solusi untuk mewujudkan pelayanan penerbangan lokal Sultra adalah kesiapan pemerintah kabupaten/kota serta pemerintah Provinsi Sultra untuk menyiapkan dana subsidi tempat duduk.

“Pemerintah Wakatobi pernah menerapkan subsidi penerbangan sehingga maskapai beroperasi kontinyu. Kalau penumpang sudah optimal subsidi dihentikan karena sifatnya stimulus,” ujar Hado.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan Sultra potensial untuk pengembangan usaha penerbangan karena pertumbungan ekonomi menggembirakan. “Bisnis ya…! bisnis tetapi Citilink membawah misi mendorong percepatan pembangunan di daerah-daerah untuk mewujudkan kemakmuran,” kata Julindra.

Menurut dia, terbuka peluang Citilink sebagai perusahaan berpelat merah mengapresiasi gagasan pemerintah Sultra untuk membuka penerbangan lokal karena sarana berupa bandara sudah tersedia. “Semua bisa didiskusikan dengan konsep saling mendukung dan saling menguatkan untuk kemajuan bangsa. Citilink memiliki komitmen itu,” ujarnya.

Sementara, itu, pesawat Citilink jenis Airbus A-320 yang membawa penumpang dari Bandara Hasanuddin Makassar mendarat mulus di Bandara Haluoleo Kendari, Jumat malam, sekitar pukul 20.00 wita, dalam penerbangan perdana untuk rute terbaru Citilink di Sulawesi.

Saat tiba di Bandara Haluoleo, Kapten Pilot disambut di lapangan parkir Bandara Haluoleo Dirut PT Citilink, Juliandra Nurcahyo, Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, Hado Hasina, Ketua DPRD Konawe Selatan, Irham Kalenggo, Kepala Bandara Haluoleo, Rudi Richardo serta puluhan undangan mitra bisnis Citilink di Kota Kendari serta diramaikan dengan tarian “Mondotambe” yang merupakan tarian penyambutan etnis Tolaki di Sultra.

Juliandra mengaku gembira karena akhirnya Citilink memiliki poros penerbangan di kota-kota utama di Sulawesi seperti Makassar, Manado, Palu, dan Kendari yang terkoneksi dengan berbagai kota lainnya di Indonesia. “Sabtu (17/6) dalam penerbangan perdana dari Kendari menuju Jakarta via Makassar tersebut, pesawat berbadan lebar yang berkapasitas 180 penumpang itu membawa 130 penumpang dari Kendari,” katanya. (rs)

Click to comment
To Top