Berkas Bandar Narkoba Asal Muna Segera Tahap Dua – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Hukum & Kriminal

Berkas Bandar Narkoba Asal Muna Segera Tahap Dua

Ditresnarkoba Polda Sultra (tengah), Kabid Humas Polda Sultra (kiri), dan Kasubdit III Narkoba (kanan) memegang barang bukti kasus narkoba.

KENDARI – Berkas perkara kasus narkoba yang menyeret Yance sebagai tersangka telah dinyatakan lengkap atau tahap P21 oleh Jaksa Penuntut umum (JPU) Kejati Sultra. Rencananya untuk pelimpahan berkas perkara sekaligus barang bukti dan tersangka akan dilakukan pada pekan depan.

“Selasa depan kita akan tahap dua berkasnya. Sekaligus penyerahan tersangka dan barang bukti,” kata Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Sultra AKBP La Ode Kadimu, dikonfirmasi diruanganya belum lama ini.

Dikatakannya, dalam kasus yang menyeret tersangka Yance ini pihaknya tidak main-main. Untuk melengkapi berkas saja, Penyidik Subdit  III Ditresnarkoba Polda Sultra telah memeriksa beberapa saksi untuk dilampirkan diberkas yance dan rekannya Matheji alias Rian . Berkas Yance dan Matheji di split (terpisah) diakibatkan peran kedua orang ini berbeda. Yance sendiri telah dikirim ke rutan Kendari, sementara Matheji masi ditahan di Rutan Mapolda Sultra .

Untuk diketahui sebelumnya Yance dan Matheji ditangkap oleh Subdit III Ditresnarkoba Polda Sultra pada awal april lalu. Yance ditangkap  di rumah kontrakannya di Jalan Kartika Kelurahan Laiworu Kecamatan Batalaiworu Kabupaten Muna, Selasa, 4 April 2017, sekira pukul 13.00 Wita.

Yance yang tidak lain residivis dalam kasus sabu-sabu yang sudah pernah dihukum sebanyak dua kali. Kasusnya di polres Kendari sempat bermasalah, bahkan dua oknum polisi yang menangani kasus dia harus ditahan dan disidang di pengadilan karena diduga memalsukan berkas tersangka.

Penangkapan terhadap Yance berdasarkan hasil pengembangan pada kurir sabu-sabu asal Surabaya Jawa Timur bernama Matheji alias Rian (23) yang ditangkap pada 2 April di Pelabuhan Samudra Kendari saat hendak membawa barang pesanan Yance ke Muna.

Matheji  membawa sabu-sabu dari surabaya menggunakan jalur udara, menumpang  pesawat langsung dari Bandara Juanda Surabaya-Bandara Halu Oleo Kendari dan kemudian akan berangkat ke Muna melalui jalur laut menggunakan Kapal KM Uki raya. Hasil penggeledahan petugas, di dalam tas ransel milik Matheji ditemukan dua paket besar sabu-sabu seberat 146,gram.

Kedua tersangka  dijerat dengan  Pasal 132 ayat (1) junto Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman pidana penjara seumur hidup. (rs)

Click to comment
To Top