Waspada Tanah Longsor Jelang Mudik! – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

Waspada Tanah Longsor Jelang Mudik!

Waspada Tanah Longsor Jelang Mudik!

TIRAWUTA – Menjelang perayaan Idulfitri 2017 satuan Polres Kolaka mulai melakukan rapat koordinasi dengan berbagai elemen pemerintahan guna mengantisipasi terjadinya tingkat kejahatan dan pengamanan jalur mudik lebaran di dua wilayah Kolaka dan Kolaka Timur (Koltim) dalam gelar operasi pengamanan Ramadaniya Anoa 2017.

Kapolres Kolaka AKBP Didik Supranoto SIK melalui Kabag Ops Kompol Taufiq Syaiful Bahri mengatakan jelang mudik lebaran 2017 masyarakat untuk mewaspadai  kondisi cuaca yang tidak menentu dan tingginya intensitas curah hujan di wilayah Sultra cuaca yang bisa mengakibatkan kerusakan jalan dan menimbulkan tanah longsor di sepanjang jalur lintas Kendari-Kolaka.

Kompol Taufik mengurai beberapa titik rawan longsor disepanjang jalur Koltim-Kolaka. “Seperti di sepanjang jalur desa Lalingato Koltim yang rawan akan tanah longsor. Disitu dinas PU harus menyiapkan satu unit alat berat untuk antisipasi terjadinya longsor,”terangnya dalam rakor pengamanan Ramadaniya 2017, Kamis (15/6).

Di Koltim pihaknya, sudah menetapkan beberapa titik rawan kecelakan.  “Titik rawan kecelakan itu sering terjadi didesa Simbune.  Sedangkan untuk titik pos pengamanan sudah ditetapkan dilapangan Raterate dan Lalingato,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau untuk mewaspadai tindak kejahatan jelang mudik lebaran. “Warga harus selalu hati hati. Waspada akan tindak pidana pencurian karena rumah banyak ditinggalkan penghuninya,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi tindak kejahatan pihaknya sudah intens melakukan pengamanan dalam bentuk operasi harkamtibmas. “Jelang Mudik titik pengamanan akan difokuskan beberapa jalur darat, laut dan obyek wisata,” katanya.

Jelang Mudik tahun ini, sebanyak 238 personel yang terdiri dari polri 150, TNI 30 dishub 30 Pol pp 30 dan beberapa elemen lainnya diterjukan. “Setiap personel ini nantinya akan disiagakan dibeberapa titik di wilayah Koltim dan Kolaka,” jelasnya.

Wakil Bupati Koltim, Andi Merya Nur mengungkapkan jelang mudik lebaran 2017 akan memantau beberapa pos pengamanan dan pos kesehatan.”Jelang H-2 lebaran kita akan turun memantau memastikan kesiapan personel baik dari polri dan tim kesehatan yang bertugas disetiap pos agar mudik tahun bisa sukses tanpa ada kecelakan dan kriminalitas,” ucapnya.(rs)

Click to comment
To Top