Selamat Datang Rektor UHO – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pendidikan

Selamat Datang Rektor UHO

Dr. Zamrun sebagai rektor terpilih periode 2017-2021.

*Raih 71 Suara, Zamrun Pimpim UHO

KENDARI – Pemilihan Rektor (Pilrek) UHO yang menyita perhatian publik selama ini, berakhir sudah dengan terpilihnya Dr. Zamrun sebagai rektor terpilih periode 2017-2021.

Hasil pemilihan yang memakan waktu sekitar 3 jam itu, yang digelar usai jumatan di ruang senat UHO, menempatkan Dr Muhammad Zamrun meraih suara terbanyak atau 71 suara, disusul Prof. Buyung Sarita yang mengantongi 61 suara,  dan posisi ketiga ditempati Prof. La Sara dengan 16 suara.

Suara tersebut berasal dari suara Menteri ditambah dengan suara senat yang berjumlah 96 suara yang hadir dalam pemilihan tersebut.

Plt Rektor UHO Prof Supriadi Rustad megatakan, Pilrek UHO 2017-2021 sudah selesai dengan proses yang sangat demokratis. Seluruh prosedur pun telah dijalani dengan baik termasuk keanggotaan senat yang dijamin bersih.

Dia mengungkapkan bahwa Menteri tidak diperbolehkan mempengaruhi suara senat, apalagi menyuruh Rektor dengan cara menggiring untuk mendukung salah satu calon. Sebaliknya, senat pun tidak diperkenankan untuk meminta kepada Menteri agar mengalirkan suaranya kepada salah satu calon.

“Harus saling menghormati, dimana Menteri tidak boleh mempengaruhi senat dan senat pun tidak boleh meminta kepada Menteri agar memberikan suaranya pada calon tertentu. Saat ini kita telah menyaksikan pemilihan yang sangat demokratis,” ungkapnya, Jumat (16/6).

Katanya, ia tidak mengetahui sama sekali berapa jumlah suara yang diberikan oleh Menteri melalui Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti kepada masing-masing calon.

“Mengenai suara saya tidak tahu dan saya tidak perlu tahu, karena semua itu kewenangan Menteri. Tugas saya sebagai Plt hanya menata sistem pemilihannya, termasuk menjamin pelaksanaan Tridharma ” jelasnya saat jumpa pers seusai pemilihan.

Dari 101 anggota senat, yang memberikan hak suaranya hanya sebanyak 96 orang senat. Sementara yang lainnya, sedang melaksanakan umrah, sisanya izin sakit dan satu orang meninggal dunia.

Anggota senat yang hadir sudah memenuhi quorum lebih dari dua pertiga dari jumlah anggota senat. Dengan demikian, tidak ada masalah dari ketidakhadiran keempat anggota senat tersebut.

“Saat ini belum ada Rektor definitip tetapi masih Rektor terpilih. Rektor dinyatakan definitip jika sudah dilakukan pelantikan,” terangnya.

Maka dari itu, pihaknya akan segera membuat surat untuk dibawa ke Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, Dr. Zamrun terpilih menjadi rektor UHO dan segera akan dibuatkan jadwal pelantikannya.

Prof Supriadi juga berharap agar rektor UHO yang baru dapat melist (mendaftar) sejumlah simpul-simpul persoalan yang selama ini terjadi di UHO.

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan pemetaan, ada yang sudah diselesaikan, ada pula yang sudah diselesaikan tetapi belum selesai dan ada pula yang memerlukan inisiasi dari berbagai persoalan tersebut.

Sementara itu, usai terpilih, Dr. Zamrun langsung mendapat sambutan hangat dari anggota senat yang memberikan dukungan, bahkan Zamrum langsung digotong bersama. Pada kesempatan itu pula, sejumlah anggota senat langsung berselfi bersama  termasuk mantan Rektor UHO Usman Rianse, sebagai bentuk kegembiraan. (rs)

Click to comment
To Top