Nilai UN SD Menurun – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pendidikan

Nilai UN SD Menurun

Makmur Tote

KENDARI – Hasul Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) resmi diumumkan Kamis (15/6). Namun, nilai kelulusan kali ini di Kota Kendari mengalami penurunan dibandingkan tahun pelajaran sebelumnya.

“Jadi kelulusan tahun ini ada perbedaan sedikit karena menurun di jenjang SMP maupun SD.  Tetapi itu, menjadi motivasi untuk perbaikan kedepannya, ” jelas Ketua Panitia UN Dikmudora Kota Kendari, Makmur Tote.

Katanya, di tahun depan pihaknya akan melakukan koreksi letak permasalahnya. Apakah dari gurunya, siswanya ataukah sarana prasarana yang masih kurang.

“Semua akan dilihat mulai dari guru,  siswa maupun sarana pendukung dalam proses belajar mengajar yang masih kurang,” jelasnya, kemarin.

Menurutnya,  delapan standar nasional pendidikan harus diperbaiki. Pertama adalah standar proses PTK.  Dalam hal ini, harus dilakukan peningkatan kompotensi guru melalui pelatihan.

“Jadi  kita akan mengaktifkan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) di satuan pendidikan,” paparnya.

Selain itu,  kata Makmur, pihaknya melakukan pembinaan terhadap pengawas-pengawas.

“Khusunya akan diperdayakan pengawas-pengawas disatuan pendidikan yang dianggap nilainya, masih rendah tahun ini,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa,  tidaksemua nilai sekolah mengalami penurunan,  namun hanya beberapa saja. “Secara kuantitas memang menurun, tetapi secara kualitas, nilainya tetap berjalan di tempat seperti tahun sebelumnya, ” pungkasnya.

Berikut rincian 10 besar daftar sekolah dengan nilai UN tertinggi,  SDS junior Exellent school,  SDN 21 Mandonga,  SDN 20 Mandonga,  SDN 1 Baruga, SDN 9 Baruga, SDN 5 Baruga, SDN 3 Kendari, SDN 4 Baruga, SDN 13 Baruga dan SDS Islam Kendari Barat.  (rs)

Click to comment
To Top