Mahasiswa IAIN Dilatih Kewirausahaan Berbasis Maritim – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pendidikan

Mahasiswa IAIN Dilatih Kewirausahaan Berbasis Maritim

Pelatihan Wirausaha Berbasis Maritim mahasiswa FEBI IAIN Kendari di Aula Perpustakaan IAIN Kendari, kemarin.

KENDARI – IAIN Kendari melatih mahasiswa khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dalam berwirausaha berbasis maritim. Kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa di Aula Perpustakaaan IAIN Kendari ini diprakarsai oleh Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah dibawah bimbingan Wakil Dekan III Ahmadi.

Rektor IAIN Kendari Nur Alim, mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu upaya IAIN Kendari mempersiapkan calon enterpreuner muda dengan mengambil pengalaman serta ilmu dari pemateri yang telah diakui sebagai praktisi sukses di bidang wirausaha produk maritim.

“Tema yang diangkat pun sesuai dengan keadaan geografis wilayah kita yakni Sultra, karena potensi maritim didaerah ini masih bisa dikembangkan dan perlu diperhatikan,” ungkapnya.

Dirinya, mengapresiasi mahasiswa FEBI yang telah memprakarsai kegiatan ini, mudah-mudahan menjadi contoh bagi mahasiswa lain dalam membangun jiwa kemandirian, semangat, kerjasama, inovasi dan kreativitas yang sangat dibutuhkan di masa yang akan datang.

Untuk mendapatkan wawasan yang komprehensif terkait kewirausahaan, tak tanggung-tanggung panitia menghadirkan menghadirkan pemateri yang merupakan praktisi bisnis hasil laut antara lain Muhammad Najikh CEO PT Kelola Mina Laut Grup dan Manager Ekspor Impor PT Sultra Tuna Djuwariyah.

“Kita pun mengharapkan, mahasiswa FEBI menerapkan karakter sebagai wirausahawan muslim yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dan tidak melupakan kewajiban seperti shalat, puasa dan membayar zakat, sehingga akan menjadi pembeda dengan wirausaha lainnya,” terang Nur Alim.

Sementara, Dekan FEBI Beti Mulu, menjelaskan, pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan rutin untuk mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah. Dimana, pelatihan ini diharapkan mencetak calon pengusaha muda di bidang maritim.

“Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap mahasiswa dapat menimba pengalaman dari para praktisi yang telah menjalani jatuh bangunnya dunia bisnis sehingga menjadi inspirasi bagi mahasiswa kelak setelah menekuni dunia usaha,” katanya. (rs)

Click to comment
To Top