Dua Tersangka Narkoba Divonis 18 Tahun – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Kolaka Raya

Dua Tersangka Narkoba Divonis 18 Tahun

ilustrasi

LASUSUA – Dua tersangka kasus Narkotika dan Obat Berbahaya (Narkoba) berinisial JY dan JW, asal Desa Latawaro Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), diganjar vonis 18 tahun kirungan dan denda Rp 1 miliar.

Vonis tersebut merupakan putusan final dari Mahkamah Agung (MA) yang dijatuhkan kepada kedua tersangka, setelah sebelumnya dalam sidang banding di Pengadilan Tinggi (PT) Sultra, kedua tersangka hanya dijatuhi vonis 15 tahun kurungan, namun kedua tersangka merasa tidak puas dan melakukan upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) di MA.

Sayangnya permohonanan PK yang diajukan kedua terpidana yang diringkus Badan Narkotika Nasional Provensi (BNNP) Sultra pada 2016 lalu ini ditolak MA, dan MA menambah hukuman kedua terpidana selama tiga tahun kurungan dan denda Rp 1 Miliar.

“PK ditolak dan vonis kedua tersangka diperberat 3 tahun menjadi 18 tahun dan denda Rp 1 miliar,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kolut, Andi Fachruddin.

Namun, lanjut Fachruddin, salah seorang dari kedua terpidana, yakni JY berhasil kabur dari tahanan, dan hingga kini masih masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), dan masih terus dilakukan pengejaran. “Selain dikenakan pasal sebagai bandar Narkoba, JY juga melanggar pasal tentang kepemilikan senjata api jenis pistol,” jelas Kajari.

Kajari menambahkan, sebelumnya dalam materi tuntutan jaksa, Jaksa Penuntut Umum (JPU), menuntut para tersangka dengan tuntutan 20 tahun penjara, dan dari kedua terpidana ini didapat Barang Bukti (BB) sebanyak 36 paket sabu. (rx)

Click to comment
To Top