Wakatobi Masuk 10 Destinasi Pariwisata Branding Baru – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Buton Raya

Wakatobi Masuk 10 Destinasi Pariwisata Branding Baru

ilustrasi

WAKATOBI – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam acara pameran potensi daya tarik wisata budaya, alam, dan daya tarik wisata buatan dengan tema The New Chapters of Indonesia, Rabu (14/6) merilis 10 destinasi pariwisata branding baru.

Diantaranta Bandung (Jawa Barat), Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.

Branding baru ini sebagai upaya untuk menyelarasakan sub-brand (branding destinasi) dengan masterbrand (Wonderful Indonesia). Hal ini diperkirakan dapat memperkuat positioning dari master-brand dan menciptakan sinergi antara pusat dan daerah.

“Sarana dan prasarana pendukung pariwisata di 10 destinasi utama ini yang paling siap sehingga akan mudah di-branding untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Diungkapkan Nadar, Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, salah satu branding yang dilaunching adalah Coral Wonders merupakan co-exist branding dari destinasi wisata bahari terkemuka yang biasa disebut sebagai Golden Triangle meliputi (Wakatobi, Rajaampat dan Bunaken).

“Ada 10 destinasi yang dibranding oleh Kemenpar Tahun ini. Branding destinasi ini menjadi sub branding dari wonderful Indonesia yang posisinya adalah sebagai master branding. Diharapkan branding bersama ini semakin mempertegas ketiga destinasi ini sebagai kawasan yang menjadi keterwakilan bagi kekuatan wisata bahari Indonesia,” katanya.

Ditetapkannya Wakatobi menjadi branding baru menurutnya merupakan peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi Pemda Wakatobi.

Ada dua peluang yang bisa dieksplore kedepan untuk memanfaatkan momentum ini, Pertama dimungkinkan untuk ketiga wilayah mengembangkan paket wisata terintegrasi dan terhubung konektivitas udaranya.

Kedua, bisa bersinergi dalam hal promosi pariwisata dan low cost tanpa mengeliminir identitas dan karakteristik masing-masing destinasi,” pungkasnya.(rs)

Click to comment
To Top