Tahapan Pilkada 2018 di Mulai – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

Tahapan Pilkada 2018 di Mulai

ilustrasi

*Sultra Masih Tunggu Anggaran Cair

KENDARI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi meluncurkan tahapan Pilkada serentak gelombang tiga yang akan berlangsung pada 2018 mendatang.

‎Peluncuran tahapan Pilkada tersebut dilakukan setelah terbentuknya Peratutaran KPU nomor 1 tahun 2017 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2018.

Untuk Sulawesi Tenggara (Sultra) sendiri, meski tahapan Pikada sudah dimulai, akan tetapi hingga saat ini, KPU Sultra belum bisa berbuat banyak. Pasalnya, anggaran untuk tahun 2017 belum cair.

Salah satu komisioner KPU Sultra Iwan Rompo yang dihubungi melalui telepon selulernya menyampaikan, hingga kini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra belum ada rencana untuk menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daera (NPHD).

“Kalau NPHD saja belum ditanda tangani bagaimana KPU bisa jalan,”terangnya, (15/6).

KPU, kata Iwan, masih menunggu dana untuk melaksanakan berbagai tahapan yang sudah dimulai atau dilaunching pada 14 Juni 2017. Anggaran Pilgub sendiri untuk tahun 2017 ini sudah dianggarkan sekira Rp 117 miliar

‎Untuk diketahui, tahapan Pilkada 2018 yang diluncurkan KPU, yakni Tahap sosialisasi Pilkada yang dimulai hari ini hingga 26 Juni tahun depan. Untuk Pemungutan suara Pilkada dijadwalkan pada 27 Juni 2018 dan  rekapitulasi hasil penghitungan suara dilakukan hingga 9 Juli 2018. (rs)

Click to comment
To Top