LHP 2016 Pemprov Diserahkan – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Sultra Raya

 LHP 2016 Pemprov Diserahkan

ilustrasi

KENDARI – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia dalam waktu dekat ini akan menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah (LKPD) Pemprov Sultra tahun 2016.

Kabag Persidangan, Protokoler dan Humas DPRD Sultra, Robert Piter Raru mengaku telah menerima undangan dari BPK RI terkait penyerahan LHP atas laporan keuangan Pemprov Sultra. berdasarkan undangan yang diterima, sidang paripurna penyerahan akan dilakukan, besok, Jumat (16/6).

“Iya sudah ada undangan masuk. Jadwalnya hari Jumat (besok) paripurna penyerahan LHP 2016 pemprov Sultra, pukul 14:00 Wita,” ungkapnya, saat di konfirmasi, Rabu (14/6).

Sebelumnya diakui Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra Hj Isma baru-baru ini.

“Saya sudah disampaikan dari BPK RI kalau pekan ini, tepatnya 16 Juni nanti penyerahan LHP Keuangan tahun 2016,” ujarnya.

Rencananya dalam penyerahan LHP atas pelaporan keuangan daerah tahun 2016 nanti akan hadir langsung Kepala BPK RI Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, C.P.A., CA. Meskipun biasanya, pada penyerahan LHP sebelumnya diwakilkan.

Dalam rapat paripurna DPRD Sultra bersama Pemprov Sultra dalam agenda penyerahan LHP atas laporan keuangan 2016 Pemprov Sultra nanti akan diberikan opini atas laporan keuangan yang dilaksankan, terhitung Pemprov Sultra telah mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian  (WTP) tiga kali berturut-turut yakni LHP 2013, hingga 2015.

“Tidak bermaksud mendahului, tapi Kita optimis lah masih bisa mempertahankan opini kita tahun lalu (2015) WTP. Karena kita juga sudah berupaya maksimal dalam menyusun dan menyampaikan laporan keuangan pemerintah daerah yang kita susun berdasarkan Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual,” kata mantan Kabag Keuangan Pemprov Sultra ini.

Diketahui sebelumnya LHP atas laporan keuangan daerah tahun 2015 disampaikan melalui rapat paripurna DPRD pada 9 Juni 2016. Sementara, LHP tahun 2016 akan disampaikan pada 16 Juni mendatang.

APBD Pemprov Sultra tahun 2015 sebesar Rp 2,57 triliun dan 2016 sebesar Rp 2,88 triliun sedangkan APBD 2017 sebesar Rp 3,57 triliun. (rs)

Click to comment
To Top