Kades Tidak Koperatif Terancam – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Buton Raya

Kades Tidak Koperatif Terancam

ilustrasi

BURANGA – Inspektorat Kabupaten Buton Utara (Butur), menghimbau para Kepala Desa (Kades) di daerah setempat, agar lebih koperatif terhadap para petugas inspektorat yang saat ini tengah melakukan pemeriksaan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dana desa.

Himbauan itu disampaikan Inspektorat lantaran banyak kepala desa yang terkesan selalu “melarikan diri” pabila ada petugas pemeriksa dari inspektorat. Pemeriksaan itu berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dana desa untuk tahun 2016.

Kepada mereka para Kades, apabila masih juga tiddak koperatif  maka Inspektorat memastikan tak akan sungkan langsung melibatkan petugas penegak hukum. Dengan begitu apabila ada temuan maka langsung diproses secara hukum.

Kepala Inspektorat Butur, Armin mengungkapkan terkait pemeriksaan dimaksud, apabila inspektorat sudah melibatkan penegak hukum dan menemukan  pelanggaran hukum maka jangan harap lagi bagi para Kades untuk mendapatkan pembinaan.

“Biasanya kalau kita  jika ada temuan awalnya yang kita lakukan pembinaan. Misalnya ada pengerjaan, ternyata kita temukan volumenya kurang 20 persen, maka kita tegur dan minta ditambah volumenya agar sesuai. Itu namanya pembinaan,” ungkap Armin.

Armin menjelaskan, saat ini sudah mengantongi sejumlah Kades yang selalu menghindar dimaksud. Namun begitu dirinya masih enggan menyebutkan Kades mana saja. “Pokonya kalau masih mereka terus menghindar lagi saya langsung libatkan aparat penegak hukum,” imbuhny (rs)

Click to comment
To Top