Dana Pilwali Baubau Dipangkas – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pilkada

Dana Pilwali Baubau Dipangkas

ilustrasi

BAUBAU– Meski hajatan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau masih menyisahkan waktu yang cukup lama, namun sejumlah persiapan tengah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Baubau.

Sayang pengusulan anggaran menggelar perhelatan 5 tahunan yang sedianya diusulkan mencapai Rp 30,74 miliar kini hanya tersisa Rp 25,8 miliar saja.

Ketua KPUD Kota Baubau, Dian Anggraini menuturkan pihaknya bersama Pemkot Baubau dan DPRD Kota Baubau telah menggelar rapat bersama. Dimana dalam rapat tersebut, pihaknya menyepakati alokasi dana yang diberikan oleh Pemkot Baubau dalam perhelatan Pemilukada 2018 dirasionalisasi.

“Kami telah rapat dua kali bersama tim anggaran Pemkot Baubau yang didampingi oleh BPKP Sultra. Dan kami semua menyepakati dana Pilkada Kota Baubau setelah rasionalisasi sebesar Rp 25,8 miliar saja,” tuturnya.

Kata dia, pengurangan dana perhelatan akbar tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, Pemkot Baubau menilai sejumlah item pengadaan dalam hajatan tersebut dapat dikurangi bahkan dihilangkan.

“Setelah melihat dalam daftar harga di e-katalog kita dapat mengurangi beban biaya pengadaan barang yang tadinya kita hanya estimasi sendiri. Seperti halnya ada harga yang kami estimasi sendiri sebesar Rp 5 ribu padahal barang tersebut di e-katalog hanya Rp 3 ribu,” tambahnya.

Selain itu pula, pihaknya mengakui tim anggaran Pemkot Baubau juga menghilangkan dana pengadaan sound sistem dan LCD serta dana sewa gedung kesekretariatan bagi PPK dan PPS. Kalau itu semua disanggupi Pemkot Baubau  sendiri yang mengadakannya. Sedangkan gedung sekretariat PPK dan PPS, mereka Pemkot Baubau akan memberikan gedung yang sudah ada tinggal dimanfaatkan,” jelasnya. (rs)

Click to comment
To Top