Baubau Cairkan Gaji 13 dan 14 – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Buton Raya

Baubau Cairkan Gaji 13 dan 14

ilustrasi

BAUBAU – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkot Baubau nampaknya bernafas legah menghadapi Hari Raya idul Fitri nantinya. Karena gaji ke-13  dan THR pengganti dari kenaikan gaji PNS setiap tahunnya (gaji ke-14) lingkup Pemkot Baubau segera terbayarkan.

Kepastian tersebut setelah pihak Badan Pengelola Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAD) Kota Baubau  mengantongi surat edaran yang akan dijadikan dasar pencairan gaji ke-13 dan ke-14 para abdi negara se-Kota Baubau itu.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD) Kota Baubau, Fattar menuturkan pihaknya telah mempersiapkan dana hingga mencapai Rp 31 miliar untuk membayarkan gaji ke-13 dan THR para PNS lingkup Pemkot Baubau. Namun demikian, proses pencairan dana tersebut tentu memiliki mekanisme dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

“Kami telah mengantongi surat edaran yang menjadi dasar kami mencairkan dana sebesar Rp 31 miliar untuk gaji ke13 dan ke-14 para abdi negara di Kota Baubau ini. Dan sementara sudah kami cairkan gaji ke 14 sejak akhir pekan lalu,” tuturnya.

Kata dia,  proses pencairan gaji  ke-14 itu diserahkan langsung dimasing-masing SKPD lingkup Pemkot Baubau. Sementara gaji ke-13 pihaknya akan mencairkan bersamaan dengan gaji bulan Juli para PNS yang dimungkinkan akan dibayarkan pada tanggal 1 Juli mendatang.

“Gaji 13 untuk PNS itu kita akan cairkan Juli nanti bersamaan dengan gaji pada bulan itu. Sedangkan untuk gaji ke-14 (THR) kami dapat pastikan Senin depan sudah dapat diperoleh. Sedangkan untuk penyalurannya, nanti akan melalui bendahara SKPD masing-masing,” tambahnya

Untuk diketahui,THR atau gaji ke-14 dialokasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan PNS saat merayakan Idul Fitri. Adapun mekanisme pencairan gaji ke-14 ini sama persis dengan mekanisme pencairan gaji ke-13.

Besaran THR (gaji ke-14,red) lebih kecil dari gaji ke-13, yakni satu kali gaji pokok. Sedangkan untuk gaji ke-13 meliputi gaji pokok  tunjangan jabatan, dan tunjangan lain, seperti penghasilan PNS yang biasa diterima setiap bulan. (rs)

Click to comment
To Top