154 Hektare Lahan Petani Terancam Puso – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Muna Raya

154 Hektare Lahan Petani Terancam Puso

ilustrasi

LAWORO – Sekitar 154 hektare lahan pertanian milik petani di Muna Barat gagal panen (puso) karena terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi selama hampir satu bulan. Jumlah ini menambah daftar kerugian masyarakat Muna Barat, setelah sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan bahwa 417 Kepala Keluaga, rumahnya terendam banjir.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Muna Barat, Ali Badin mengaku sudah meninjau lokasi dan melaporkan ke pemerintah Provinsi.

“Kita sudah cek lapangan melalui penyuluhan dan sudah di data dan sekarang kita juga sudah mengajukan laporan tersebut ke Pemprov Sultra, sementara ini kita masih menunggu reaksi dari pemprov apakah akan diberikan bantuan atau seperti apa. Tetapi biasanya tetap diberikan bantuan kemudian kita juga akan berusaha dan selalu melakukan pemantauan di lokasi terutama di persawahan,” ujarnya.

Mengenai potensi gagal panen pihaknya belum bisa memastikan karena saat ini padi yang terendam masih pada proses pertumbuhan.

“Kalau ini masih dalam tahap generatif, kalau kering dalam waktu tertentu itu masih bisa keluar buahnya, kecuali sudah keluar buah baru di kena banjir dan busuk itu jelas pasti rusak. Masih ada kemungkian untuk berproduksi,” ungkapnya.

Dia juga bilang untuk mengantisipasi pembusukan dan hal sebagainya, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah dengan menyiapkan bantuan benih bagi para petani.

“Kita akan upayakan lah kalau misalnya sudah gagal panen melalui program pertanian, salah satunya bantuan bibit, pupuk  dan  dsebagainya. Kemudian ini juga akan menjadi bahan laporan saya di provinsi  karena kita akan melakukan rapat,” pungkasnya. (rs)

Click to comment
To Top