La Ode Ida Diminta Amien Rais Pasang Logo PAN – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

La Ode Ida Diminta Amien Rais Pasang Logo PAN

*Mendaftar di Demokrat

KENDARI – Bakal Calon Gubernur Sultra La Ode Ida resmi mengembalikan formulir pendaftaran di Partai Demokrat Sultra, Selasa (13/6). Mantan Wakil  Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia ini menjadi kandidat keempat yang  mengembalikan berkas ke partai berlambang bintang mercy. Sebelumnya, sudah ada Rusda Mahmud-Sjafei Kahar, Lukman Abunawas, dan Ali Mazi.

La Ode Ida  mengaku kalau Demokrat merupakan partai pertama tempatnya mendaftar. Ia pun percaya partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini akan cermat dalam mencari pemimpin Sultra ke depan.

Ia berjanji, apabila  menjadi gubernur nanti,  partai politik yang mendukungnya akan memiliki kesempatan  untuk menjadi partai yang besar di Sultra. Ia juga  akan mengutamakan prinsip estafet dan kesinambungan dalam program pembangunan ketika mendapat amanah memimpin Bumi Anoa. Artinya,  program yang sudah baik yang dijalankan pemimpin terdahulu akan tetap dijalankan. ”Kalau ada yang belum selesai kita tuntaskan,” akunya.

Mantan Calon Legislatif DPR RI asal PAN ini menegaskan akan siap mundur dari jabatannya sebagai komisioner Ombudsman Republik Indonesia manakala telah terdaftar sebagai calon gubernur. Saat ini, katanya, semua calon bebas untuk mendaftar ke beberapa partai politik.  “Tetapi, ketika sudah ditetapkan, saya akan siap mundur,” ungkapnya.

Kandidat pendamping juga dijelaskan La Ode Ida. Saat ini, ada  tiga calon wakil gubernur yang ingin mendampinginya dalam pemilihan Gubernur Sultra. Hanya saja, Ida enggan menyebutkan identitas yang bersangkutan. “Yang jelas, wakil saya dari wilayah daratan,” ujarnya.

La Ode Ida sendiri sudah melakukan komunikasi dengan beberapa partai politik di pusat seperti PKS, PAN dan Hanura. Khusus di PAN, La Ode Ida sudah mendapat perintah Pendiri PAN Amien Rais untuk memasang logo partai di setiap balihonya.

Perintah tersebut ia dapatkan ketika komisioner Ombudsman Republik Indonesia ini diundang Amien Rais datang di rumahnya.”Pak Amien Rais meminta saya supaya segera memasang baliho dengan logo PAN dan foto saya. Tentu, promosi politik (seperti) itu tidak apa apa. Jadi pak Amien Rais khusus meminta  saya pasang baliho (PAN) terkait pemilihan gubernur,” katanya.

Selain diminta pasang logo PAN, La Ode Ida  menyebut kalau Amien Rais memberikan catatan khusus kepada DPW PAN Sultra dan DPP PAN. Saat ditanya apa isi catatan khusus itu, ia enggan menyebutkan. “Tidak perlu saya buka.Nanti (catatan itu) akan diserahkan ke DPW PAN Sultra dan DPP PAN. Pak (Ketua Umum PAN) Zulkifli Hasan juga tahu catatan khusus itu dan nanti saya akan bicara dengan (mantan Ketua PAN Sultra) Nur Alam,” bebernya.

Sikap Amien Rais ikut campur dalam pilkada pernah terjadi  dalam pilkada Buton Selatan 2017 lalu. Waktu itu, Amien Rais mendukung Muhammad Faisal Laimu-Wa Ode Hasniwati  dalam pesta demokrasi. Mantan Ketua MPR RI ini bahkan memastikan PAN akan mengusung pasangan itu. Namun dalam perjalanannya, pintu PAN tidak dipakai oleh pasangan tersebut melainkan jatuh ke dalam genggaman pasangan H Sattar-Muhammad Yasin Welson.

Ditanya tentang hal itu, La Ode Ida mengaku tidak ragu dengan sikap Amien Rais. Ia bahkan  menegaskan sudah melakukan komunikasi dengan pengurus DPP PAN. (rS)

Click to comment
To Top