Sawaea Direncanakan Jadi Titik Pelabuhan Nusantara – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Konawe Raya

Sawaea Direncanakan Jadi Titik Pelabuhan Nusantara

Kepala Bappeda Konkep, Ir Abdul Halim MSi

* Diperkiran jadi pelabuhan regional

LANGARA – Posisi strategis jalur laut yang berhadapan langsung dengan Selat Buton, Sawaea Kecamatan Wawonii Selatan menjadi perhatian serius Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konawe Kepulauan (Konkep). Oleh karenanya Sawaea direncanakan menjadi pelabuhan Nusantara di Pulau Wawonii.

Demikian yang disampaikan Kepala Bappeda Konkep, Ir Abdul Halim MSi, Senin (12/6). Kata ia, saking strategisnya Sawaea diprediksi bisa menjadi pelabuhan regional di masa mendatang.

“Ini perencanaan jangka panjang, Sawaea bisa menjadi pelabuhan regional kedepannya, karena tempatnya strategis, berhadapan dengan Pulau Buton, berdekatan Muna, Ereke dan Konawe Selatan,” jelasnya.

Ditanya kapan realisasi pembangunan fisiknya kata mantan Sekretaris Bappeda Wakatobi ini, perencanaanya masih panjang karena harus melalui beberapa tahapan perencanaan mulai dari rencana induk, feasibility study (fs) kemudian menyusul Detail Engineering Design (DED)

“Kalau sudah ada DEDnya kita sudah bisa tahu jumlah anggaran yang dibutuhkan, yang pasti ini akan menggunakan anggaran ratusan miliar. Dan ini harus APBN. Tahun ini baru perencanaan induknya,” tandasnya. (rs)

Click to comment
To Top