Perekrutan Panwaslu Bergeser Dari Jadwal – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

Perekrutan Panwaslu Bergeser Dari Jadwal

Perekrutan Panwaslu Bergeser Dari Jadwal

KENDARI – Sejatinya, pengumuman pendaftaran untuk seleksi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat kabupaten/kota akan dimulai pada 16 atau 17 Juni 2017 mendatang. Hal ini merujuk pada jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara pemilu tingkat pusat.

Keterlambatan pengumuman dan perekrutan tersebut, disebabkan adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU) ditujuh TPS Pilkada Bombana yang baru saja selesai dihelat.

Salah satu komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra Hj Hadi Machmud mengungkapkan, jika merujuk pada jadwal secara nasional, memang tanggal 16 atau 17 Juni 2017, pengumuman terkait perekrutan anggota Panwaslu sudah harus dilakukan.

Hanya saja dengan adanya PSU, maka Bawaslu Sultra menyelesaikan dulu tahapan PSU. Nantinya, kata Hadi, Bawaslu Sultra akan secepatnya melakukan rapat dengan tim seleksi untuk menentukan kapan pengumuman dan perekrutan anggota Panwaslu.

“Nanti kami rapatkan dulu bersama dengan tim seleksi. Setelah baru kami umumkan ke publik,”ungkap Hadi, Selasa (13/6).

Tim seleksi, tambah Hadi, setelah rapat kordinasi akan secepatnya mengambil langkah terkait perekrutan Panwaslu. Penyeleksian tahap pertama akan dilaksanakan oleh tim seleksi Panwaslu.

Selanjutnya, sambung Hadi, setelah pekerjaan tim seleksi selesai maka, Bawaslu Sultra akan melakukan verifikasi atau melakukan tes tahap akhir.

“Seleksi tahap akhir nantinya akan dilakukan oleh Bawaslu,”pungkasnya. (rs)

Click to comment
To Top