Puluhan Hektar Sawah dan Rumah Terendam Banjir – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Konawe Raya

Puluhan Hektar Sawah dan Rumah Terendam Banjir

Puluhan Hektar Sawah dan Rumah Terendam Banjir

UNAAHA – Hujan yang terus menerus turun selama beberapa pekan ini telah mengakibatkan puluhan rumah dibeberapa desa di kecamatan Bondoala dan kecamatan Kapoliala kabupaten Konawe terendam banjir. Banjir yang telah beberapa pekan menggenang warga ini berfariasi diperkirakan selutut dan sedada orang dewasa.

Rumah yang tergenang banjir itu diantaranya di desa Rambukongga sebanyak 4 rumah, desa Rumbia 19 rumah, kelurahan Laosu 15 rumah. Sementara di kecamatan Kapoliala yakni desa Lamendora 11 rumah dan desa Muara Sampara yang mengalami abrasi. Didesa ini, beberapa pemilik rumah telah dievakuasi.

Menurut salah satu Staf Kecamatan, Muhtar SE, jumlah rumah yang dilaporkan oleh masing-masing desa yang terkena dampak ini masih bersifat sementara. Jumlah korban masih akan bertambah dikarenakan beberapa desa yakni desa Diolo dan Laosu Jaya belum melaporkan kondisi terkini.

“Data yang masuk baru data sementara. Bisa saja bertambah karena desa Laosu Jaya belum memasukan laporan, padahal sudah banyak empang disana sampai sudah tenggelam,” ucapnya, Minggu (11/6).

Selain data korban rumah banjir, puluhan hektar sawah di dua desa yakni desa Lalonggaluku kecamatan Bondoala dan desa Lamendora kecamatan Kapoiala ikut terendam. Diperkirakan ada sekitar 100 hektar sawah yang sebagiannya terancam gagal panen atau puso.

Ketinggian air didaerah ini mencapai leher orang dewasa. Petani yang tidak ingin mengalami kerugian lebih banyak, terpaksa memanen padinya lebih awal. Panen tersebut membutuhkan usaha yang keras karena posisi air yang sudah sangat tinggi apalagi dalam suasana puasa. Panen yang dipercepat ini petani menggunakan rakit yang terbuat dari gaba-gaba dan menggunakan perahu.

“Kalau kita biarkan ini, kita terancam tidak bisa memanen karena ketinggian air masih bertambah. Jadi kita panen meski berenang menggunakan perahu,” ucap Baso Ramli pemilik sawah di desa Lamendora.

Meski telah sepekan lebih mengalami banjir, pemerintah setempat belum menyalurkan bantuan diareal ini. Khususnya di wilayah Kecamatan Bondoala dan Kapoiala. Hanya beberapa pihak saja yang memberikan bantuan pada warga.

Sementara Ketua DPRD Konawe, Gusli Topan Sabara telah melakukan kunjungan langsung di Desa Lamendora pada Rabu malam. Pada kunjungan itu Gusli berjanji akan menyampaikan hal ini kepada instansi terkait.

“Iya kita dapat kunjungan beliau. Secara keseluruhan didesa kita ada 50 hektare sawah yang terendam dan 11 unit rumah yang kena banjir. Kita belum laporkan ke pemerintah kabupaten, katanya nanti pak ketua sendiri yang laporkan,” jelas Jurlin, Kades Lamendora. (rs)

Click to comment
To Top