Kades Mulai Terima Dana Desa – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Konawe Raya

Kades Mulai Terima Dana Desa

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menyerahkan dana desa secara perdana.

UNAAHA – Pencairan dana desa di Kabupaten Konawe mulai dilakukan. Ratusan Kepala Desa mulai mencairkan dana ini sejak Rabu (7/6).Pencairan ini langsung di kawal bupati, Kery Saiful Konggoasa. Sebelum proses pencairan, para kepala desa ini mengikuti rapat koordinasi pencairan yang diselenggarakan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe. Pada rapat itu, Kery memberikan pengarahan tentang penggunaan dana desa. Kery Saiful Konggoasa meminta para kepala desa agar melakukan sosialisasi anggaran penggunaan dana desa tersebut setelah dana tersebut diterima. Sosialisasi anggaran itu harus dipaparkan didepan warga.

“Kalau sudah terima jangan lagi pak desa diam tanpa diketahui. Warga didesa itu harus mengetahui olehnya lakukan sosialisasi tentang anggaran ini agar transparan,” katanya.

Dana desa yang dicairkan ini terbatas kepada para kepala desa yang telah melengkapi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan keuangannya. Sehingga selebihnya diminta untuk melakukan perbaikan administrasi agar secepatnya di proses pencairannya.

“Penggunaan dana desa ini harus hati-hati harus sesuai penggunaannya dan jangan ada kepala desa yang macam-macam dan mencoba bermain-main dengan dana ini. Tahun ini pengawasan penggunaan dana desa dipantau langsung oleh pusat dan lembaga penegak hukum yang berada di daerah,” imbaunya.

Kery menyebutkan, tahun ini Konawe memiliki tambahan penerima dana desa, dari 241 desa pada tahun 2016, tahun 2017 bertambah menjadi 297 desa. Dimana tambahannya berjumlah 56 desa. Pada pencairan itu, Kery Saiful Konggoasa terlibat langsung dalam pencairan anggaran tersebut. hal itu dilakukannya untuk menghilangkan isu isu adanya pemotongan Dana Desa oleh pejabat setempat. Pada percairan tahap pertama ini setiap desa menerima dana Rp 400 juta. (rs)

Click to comment
To Top