Lokasi IUP PT GMS Disoal – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Konawe Raya

Lokasi IUP PT GMS Disoal

Rapat Dengar Pendapat DPRD Konsel

ANDOOLO – Lokasi Izin Usaha Pertambangan PT Gerbang Multi Sejahtera (IUP PT GMS) di Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mendapat sorotan oleh warga.

Hal itu dengan adanya aspirasi masyarakat Kecamatan Laonti tentang masalaah lahan yang diatasnya berdiri IUP PT GMS. Ketua DPRD bersama anggota DPRD Kabupaten Konsel melakukan hearing dengan beberapa SKPD dan pihak perusahaan serta tokoh masyarakat Kecamatan Laonti, Rabu (7/6) di ruang rapat Kantor DPRD Konsel.

Dalam pertemuan tersebut Forum Komunikasi Penyelamat Tanah Masyarakat (FKPTN) Kecamatan Laonti yang diketuai oleh Yamal, memaparkan keinginan masyarakat yg tergabung dalam forum tersebut agar PT  GMS mengakui 119 kepemilikan  lahan masyarakat yang masuk dalam lokasi IUP PT GMS.

“Kami meminta agar PT GMS tidak mengolah lahan yang telah dipasangi patok oleh pemilik lahan,” ungkap Yamal.

Sementara itu, perwakilan PT. GMS, Herman, menjelaskan bahwa PT. GMS tidak memiliki kapasitas untuk mengakui lahan tersebut. “Karena yang berhak mengakui kepemilikan adalah orang-orang terdekat dengan lahan tersebut. Disisi lain warga masyarakat di empat desa yakni Desa Sangi-Sangi, Desa Tue-Tue, Desa Ulu Sawa, dan Desa Lawisata mendukung adanya aktivitas PT GMS,” ungkapnya.

Hal itu sebagaimana yang telah dipaparkan oleh empat kepala desa masing-masing.

Dilain pihak Tokoh masyarakat Kecamatan Laonti Abd Salam menambahkan jika kehadiran PT GMS sangat diharapkan karena membuka lapangan kerja untuk masyarakat Laonti.

Mendengarkan pendapat kedua belah pihak,  Ketua DPRD Konsel,  Irham Kalenggo S.Sos M.Si sebagai pimpinan hearing menjelaskan terkait masalah IUP PT GMS tidak bisa lagi di bahas di DPRD. Sebab, masalah ini telah masuk kerana hukum.

“Terkait konflik lahan, Irham menyarankan agar masyarakat  memusyawarahkan untuk mendapat solusi yang terbaik. Jika tidak tercapai maka dipersilahkan mengajukan kepengadilan,” tandas Irham.

Rapat dengar pendapat tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Konsel,  AKBP Yeyen Lesmana SIK dan anggota DPRD Konsel.  (rs)

Click to comment
To Top