SMA Kartika Menang Lomba Cipta Puisi Nasional – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

SMA Kartika Menang Lomba Cipta Puisi Nasional

Kepala SMA Kartika Syuaib (kanan) dan siswa yang menyabet juara pertama (kiri)  pada ajang Lomba Cipta Puisi tingkat Nasional.

KENDARI – Siswa SMA Swasta Kartika Kendari kembali mengukir prestasi di tingkat nasional.  Dua siswa di sekolah swasta tersebut, berhasil menyabet juara 1 dan juara 3 pada ajang Lomba Cipta Puisi tingkat Nasional 2 Mei lalu.

Kepala SMA Kartika Kendari, Syuaib membenarkan bahwa dua orang siswanya berhasil menjadi juara 1 dan juara 3 pada lomba cipta puisi yang diselenggarakan di UHO, minggu lalu.

“Perlombannya diadakan di UHO pada 2 Mei lalu. Namun,  siswa hanya membuat puisi dan mengemailkannya ke pusat. Jadi, seleksinya di pusat,” ujarnya ditemui kemarin.

Katanya,  perlombaan tersebut diselengarakan oleh Kemendikbud. Hanya saja UHO sebagai tempat penyelenggaraan untuk Provinsi Sultra.

Dia mengungkapkan, bahwa seleksinya secara Nasional yang diikuti semua sekolah menengah tingkat atas. Jadi, siswa hanya membuat puisi dan mengirimkannya ke email kementerian pusat.

Terkait pembinaan,  kata Syuaib,  di sekolahnya, melalui guru mapel Bahasa Indonesia, selalu mengajarkan siswa membuat puisi. “Jadi,  bagi siswa kami ini sudah biasa, ” paparnya.

Lanjutnya, manfaatnya cukup sangat bagus,  bagaimana mengembangkan bakat siswa.

“Namanya juga puisi,  jadi siswa harus banyak membaca agar wawasanya luas. Sehingga,  saya terus menghimbau kepada siswa untuk terus membaca. Mereka yang juara yakni Ahmad Syaifullah siswa kelas XII dan Novalianti siswa kelas X.

Ia berharap, siswanya bisa mempertahankan prestasi yang sudah didapatkan, sehingga bisa  menjadi motivasi siswa yang lainnya agar dapat berprestasi.

“Tentunya, yang lebih kami tekankan adalah prestasi dibidang akademiknya,” harapnya.

Sementara itu,  Ahmad Syaifullah,  siswa yang menyabet juara 1 mengungkapkan rasa bangganya bisa membawa nama baik sekolahnya di ajang tingkat Nasional.

“Kami bersyukur, bisa keluar sebagai juara pertama pada nasional. Dimana saingannya pasti banyak dan  Ini adalah bentuk penghargaan yang luar biasa bagi sekolah kami ” pungkasnya. (rs)

Click to comment
To Top