Siap Cairkan Dana BOS – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Sultra Raya

Siap Cairkan Dana BOS

Isma

KENDARI – Pemprov Sultra melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra telah siap melakukan pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) pendidikan dasar (SD) dan pendidikan sekolah menangah pertama (SMP) untuk triwulan ke II.

Kepala BPKAD Sultra, Isma mengakui, telah siap melakukan pencairan jika dimintau untuk melakukan pencairan anggaran dana BOS untuk triwulan II dari dua jenjang sekolah tersebut. Apalagi, anggaran dana BOS SD dan SMP di Sultra untuk triwulan ke II telah siap.

“Kalau diminta untuk pencairan maka sudah siap anggarannya. Kalaupun sudah diminta maka kita siap, karena sudah waktunya juga untuk pencairan triwulan II,” ujar Isma di kantornya belum lama ini.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra terkait pencairan dana BOS untuk SD dan SMP. Tergantung proses adminitrasi dari Dikbud. Jika memang diminta untuk pencairan, maka segera dicairkan.

Jika realisasi dana BOS SD dan SMP triwulan II segera cair bulan Mei, maka realisasi serapan anggaran akan meningkat. Untuk besar anggaran BOS triwulan I, untuk SD dan SMP sebesar Rp 80 miliar.

Berdasarkan data, penerima dana BOS di Sultra itu sebanyak 583.748 orang yang tersebar di 3.525 sekolah di Sultra. Jika dirinci berdasarkan jenjang sekolah adalah, 333.177 siswa SD dari 2.319 sekolah, 132.860 siswa SMP dari 738 sekolah. (rs)

Click to comment
To Top