Pelayanan di Konawe Dipantau Saber Pungli – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Konawe Raya

Pelayanan di Konawe Dipantau Saber Pungli

Tim saber yang beranggotakan aparat kepolisian,  kejaksaan dan instansi lainnya ini secara resmi menjalankan fungsinya, Senin (15/5) usai dikukuhkan oleh Wakil bupati, Parinringi.

UNAAHA – Instansi maupun oknum di kabupaten Konawe harus berhati-hati menjalankan pelayanan umum di daerah itu. Budaya pungutan-pungutan yang tidak sesuai mekanisme saat ini dalam pantauan tim saber (sapu bersih) pungli Konawe.

Tim saber yang beranggotakan aparat kepolisian,  kejaksaan dan instansi lainnya ini secara resmi menjalankan fungsinya, Senin (15/5) usai dikukuhkan oleh Wakil bupati, Parinringi. Terbentuknya tim inipun diharapkan dapat meminimalisir pungutan dalam pelayanan administrasi pemerintahan di Konawe.

Parinringi mengatakan, tim saber pungli dibentuk sebagai langka strategis Pemkab dalam menjamin penyelanggaraan pemerintahan kepada semua elemen saat SKPD melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Tim ini juga sebagai perwujudan dari penghilangan pungli secara nasional.

“Mau tidak mau, suka tidak suka program ini harus dijalankan sebagaimana perintah presiden,” ucapnya.

Dikatakannya, tugas tim saber pungli ini akan membina dan mengidentifikasi terjadinya pungli. Utamanya di instansi strategis yang rentan terhadap transaksi itu, seperti BPKAD, Dinas Perizinan, Dispenda, BKD, Dinkes, serta SKPD pelayanan umum.

Oleh karena itu, setelah dikukuhkan,  tim ini bergerak cepat untuk membuat program kerja. Program ini akan dikonsultasikan kepada bupati karena berhubungan anggaran kerja.

“Setelah itu kita konsultasikan ke DPRD untuk mengakomodir anggaran tim terpadu ini karena ini berhubungan dengan keuangan daerah harus ada kesepakatan bersama. Paling utama untuk penentuan sekretariatnya dulu, ” katanya.

Keberadaan saber pungli ini akan dipublikasikan kepada warga melalui sosialisasi. Kejaksaan, Polres Konawe dan Danramil Unaaha dalam stuktur lembaga sebagai pembina bakal mensosialisasikan tentang bagaimana cara kerja para intelejen saber pungli. (rs)

Click to comment
To Top