Mubar Siapkan 40 Hektare untuk Transmigran – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Muna Raya

Mubar Siapkan 40 Hektare untuk Transmigran

Pakrun

LAWORO – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menyiapkan lahan seluas 40 hektare di Desa Mamuntu Kecamatan Tiworo Tengah untuk dijadikan sebagai lahan transmigrasi di daerah itu.

Pelaksana Kepala Dinas Nakertrans Mubar Pakrun SP MSi mengungkapkan, daerah transmigrasi tersebut rencana dihuni 50 kepala keluarga warga transmigran. Terdiri atas 50 persen penduduk lokal yang merupakan pemilik lahan dan 50 persen lagi masyarakat transmigrasi asal pulau Jawa.

Dia menjelaskan, dalam pembuatan daerah transmigrasi ini, Pemda Mubar akan menggunakan pola nelayan, di mana setiap KK hanya akan diberikan lahan setengah hektare saja. Sementara mata pencaharian mereka akan dilakukan di laut. Pembagian lahan tersebut kata Pakrun telah disepakati melalui musyawarah dengan masyarakat pemilik tanah.

“Masing-masing orang akan menyerahkan lahannya stengah hektare bagi pendatang, dan itu sudah disepakati melalui musyawarah dan masing-masing pemilik tanah sudah membuat pernyataan, ” ucapnya.

Pakrun menyebut, pemindahan masyarakat transmigrasi itu akan dilakukan sekitar Oktober 2017 mendatang. “Mereka akan kita pindahkan setelah rumah, dan fasilitas lainya selesai dikerja. Dan sekarang kita sedang melakukan lelang untuk pengadaan fasilitas,” tutupnya. (p1/b/aji)

Click to comment
To Top