Lima Daerah Mengutang di SMI – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Sultra Raya

Lima Daerah Mengutang di SMI

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI)

KENDARI – PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sampai saat ini tercatat sudah memberikan pinjaman dana segar ke sejumlah pemda di provinsi Sultra.

Tercatat sudah ada lima pemerintahan daerah yang mengutang dana di SMI, yakni Pemprov Sultra, Pemkab Muna, Buton, Konawe dan Kolaka Utara, dengan total pinjaman bervariasi.

Kepala Devisi Pembiayaan dan Investasi PT SMI, Erik WIbowo  menyebutkan ada lima daerah di Sultra yang memanfaatkan pinjaman untuk membiayai pembangunan daerahnya, sementara 13 daerah masih mengandalkan anggaran APBD dan APBN.

“Bukan jadi masalah memang, pemda yang hanya mengandalkan APBD ataupun APBN dalam mempercepatan pembangunan di daerah. Tetapi pemerintah juga tetap menyediakan fasilitas pinjaman untuk lebih mempercepat pembangunan,” katanya, Kamis (18/5) di Kendari usai acara sosialiasi.

Dirinya merinci, Pemprov Sultra melakukan pinjaman sejak 2010 sebesar Rp 130 miliar untuk pembangunan RS Bahteramas, dan  Rp 200 miliar membangun jalan.

Sementara, empat daerah lainnya yakni Kolaka Utara mengutang sebesar Rp 91,94 miliar untuk pembangunan jalan dan Rp 4,25 miliar nya telah dilunasi 2016.

Pemkab Konawe sebesar Rp 230 miliar untuk pembangunan RSUD Konawe, Muna sebesar Rp 91,6 miliar untuk pembangunan RSUD dan Pemkab Buton sebesar Rp 94,7 miliar untuk pembangunan jalan.

Sayangnya dia tidak merincikan dari kelima pemerintah daerah yang melakukan pinjaman, sudah tinggal berapa persen pinjaman dari masing-masing daerah tersebut.

Dia juga menyebutkan syarat inisiasi pinjaman daerah ke PT SMI mulai dari mengajukan surat permohonan, mengisi formulir inisiasi pinjaman daerah dan menyerahkan beberapa dokumen.

Dokumen yang diserahkan sebut dia mulai dari dokumen APBD tahun berjalan, studi kelayakan, DED, rencana kerja pinjdaman daerah, nota perencanaan, laporan hasil (LHP) BPK atas LKPD tiga tahun terakhir yang mendapatkan opini WDP, dan RPJMD yang sekurang-kurangnya memuat informasi bahwa proyek yang diusulkan telah masuk dalam prioritas pembangunan daerah. (rs)

Pemda                                  Pinjaman  

Pemprov Sultra                Rp 330 miliar. 

Pemda Kolut                      Rp 96,19 miliar.

Pemkab Konawe              Rp 230 miliar.

Pemda Muna                     Rp 91,6 miliar.

Pemkab Buton                  Rp 94,7 miliar.

 

Sumber Data, Diolah.

Click to comment
To Top