Kali Meluap, Rumah Warga Terendam Banjir – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Muna Raya

Kali Meluap, Rumah Warga Terendam Banjir

Akses jalan menuju Desa Wakorambu, Kecamatan Batalaiworu, tepat di samping Makodim 1416 Muna terendam banjir.

RAHA – Hujan deras tanpa henti yang mengguyur Kota Raha, Ibu Kota Kabupaten Muna, sejak Rabu (17/5) hingga Kamis (18/5), membuat sejumlah wilayah terendam banjir. Salah satu lokasi yang terendam banjir adalah Desa Wakorambu Kecamatan Batalaiworu. Banjir juga merendam Markas Komando Kodim 1416 Muna.

Pantauan jurnalis koran ini di lokasi banjir, Kamis (18/5), beberapa rumah warga di belakang Makodim Muna, terendam banjir setinggi paha orang dewasa. Adi salah seorang warga yang ditemui mengatakan, banjir tersebut disebabkan karena Sungai Labalano meluap. “Sungai meluap, karena ada pengerjaan jembatan yang menyebabkan penyempitan sungai,” katanya.

Banjir yang dialami warga Wakorambu, tak biasanya terjadi. “Selama ini tidak pernah terjadi banjir seperti ini. Penyebabnya karena penyempitan sungai di lokasi pengerjaan jembatan,” katanya.  Kejadian ini tak membuat warga panik, karena air berangsur-angsur surut seiring berkurangnya intensitas hujan.

Hujan terus mengguyur Kota Raha hingga pukul 13.00 Wita. Pantauan jurnalis koran ini sekitar pukul 16.00 Wita, banjir di Wakorambu berangsur-angsur surut namun jalan menuju Desa Wakorambu belum bisa diakses dengan kendaraan bermotor, karena ketinggian air di jalan raya mencapai paha orang dewasa.

Selain di Wakorambu, air juga menggenangi akses jalan dan rumah warga di belakang Pasar Sentral Laino Raha dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Banjir di sana berangsur-angsur surut seiring berhentinya hujan. Kondisi ini menyebankan kendaraan cukup sulit mengakses jalan-jalan yang tergenang banjir. (rs)

Click to comment
To Top