APBD Butur Baru Terserap 17 Persen – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Buton Raya

APBD Butur Baru Terserap 17 Persen

BURANGA – Realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Buton Utara (Butur) tahun 2017 dengan pagu anggaran sebesar Rp 602 miliar pada triwulan pertama dinyatakan baru mencapai 17 persen. Angka tersebut belum sesuai dengan target ideal yang diharapkan yakni sebesar 20 persen.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Butur, Tasir, mengatakan untuk serapan anggaran di Butur jika dinominalkan dalam bentuk rupiah, dari Rp 602 miliar baru terealisasi Rp 100 miliar lebih.

“Itu pun  mayoritas anggaran yang dicairkan tersebut untuk membiayai gaji pegawai negeri sipil. Meski begitu, untuk angka 17 persen itu sudah berjalan normal,” ungkapnya.

Menurut Tasir, ada beberap hal yang mengambat serapan anggaran hingga mengakibatkan belum menyentuh angka 20 persen. Diantaranya, masih banyak paket proyek yang  belum dilelang dan beberapa pekerjaan fisik lainnya yang belum dikerja.

“Sehingga saya menghimbau seluruh SKPD agar segera merealisasikan seluruh program secara bertahap. Anggaran diporsikan untuk SKPD segera dicairkan agar dapat terserap dengan cepat,” imbaunya.

Lantas SKPD-SKPD mana saja yang dimaksudkan Tasir paling minim serapan anggarannya,  Tasir enggan berkomentar lebih jauh. Menurutnya terkait hal itu biarlah menjadi evaluasi dari pimpinan daerah.

“Yang pasti kami telah menyampaikan keseluruh perangkat daerah agar segera mencairkan anggarannya dan jangan ditunda-tunda.  Jika mengalami kesulitan, bisa konsultasi ke badan keuangan daerah,” tukasnya (rs)

Click to comment
To Top