Tingkatkan Potensi Mahasiswa – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pendidikan

Tingkatkan Potensi Mahasiswa

Bambang Indro Yuwono

KENDARI – Perguruan tinggi bertujuan meningkatkan potensi yang dimiliki mahasiswa, baik hardskill maupun softskill, ini diungkapkan Wakil Rektor III UMK, Bambang Indro Yuwono.

“Pergutuan tinggi terus berupaya meningkatkan hardskill dan softskill mahasiswa, namun untuk softskill bisa diraih diluar kuliah seperti mengikuti kegiatan seminar maupun Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Pertanian (LKMP) Wilayah V yang diadakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) saat ini (kemarin),” jelas Wakil Rektor III UMK tersebut, Kamis (18/5).

Dirinya berharap, ISMPI mampu menjadi wadah bagi mahasiswa mengembangkan softskill sehingga dapat berkiprah dan berkarya setelah menjadi alumni. Terlebih jika ingin menjadi pengusaha kedepannya.

“Bagi pengurus ISMPI, tingkatkan komunikasi dan informasi lagi agar kedepan bisa melahirkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing,” pesan Bambang.

Sementara, Drijen Kajian Strategi dan Advokasi Badan Pengurus Pusat ISMPI Ulil Amri, mengatakan,  kegiatan ini merupakan program dari Wilayah V ISMPI. Dimana pihaknya bekerjasama dengan BEM Pertanian UHO dan BEM Fakultas Pertanian UMK.

“Kegiatan LKMP merupakan kegiatan untuk mengupgrade keilmuan, LKMP ada ditingkat wilayah ada juga ditingkat nasional,” paparnya.

Dia, menambahkan, pematerinya sendiri ada dari aktivis serta pemerintah provinsi yakni dari Dinas Pertanian, Kehutanan, Ketahanan Pangan, dan Perkebunan.

Terkait peserta, terang Ulil, merupakan mahasiswa yang tergabung di wilayah V, diantaranya Universitas Tadulako, STIP Wuna Raha, Muhammadiyah Baubau, Universitas Hasanuddin, Islam Makassar, Muslim Indonesia, Indonesia Timur, serta Muhammadiyah Makassar.

“Kegiatan ini berlangsung tiga hari kedepan, pada hari pertama membahas terkait ketahanan pangan, kemudian kepemimpinan, serta trip ke daerah-daerah potensi pertanian,” ucap Ulil.

Pada trip ISMPI kali ini, terang dia, pihaknya akan membahas masalah -masalah pangan yang dialami masyarakat didaerah itu, hingga masalah petani sendiri. Misal, apakah petani sudah mendapat bantuan dari pemerintah atau belum.(rs)

Click to comment
To Top