Laporan Amran Kasim Mulai Proses – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Hukum & Kriminal

Laporan Amran Kasim Mulai Proses

ilustrasi

* Polisi Segera Periksa Saksi

KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Penyidik Subdit 1 Dit Res Krimum mengintensifkan pemeriksaan saksi-saksi dugaan kasus penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp 400 juta.

Sebelumnya, Amran Kasim salah satu penyokong dana dari calon Bupati Buteng tahun 2017 atas nama Mansur Amila. Dia melaporkan Yamin Sadi ke Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) atas dugaan kasus penipuan dan penggelapan.

“Hari ini rencananya kita akan periksa saksi dari pelapor, hanya saksi itu masih ada kegiatan di luar daerah. Jadi dia meminta dan menghadiri panggilan pada pekan,” kata Kepala Subbidang Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Bidhumas Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh, ditemui diruang kerjanya, Kamis (18/5).

Dikatakannya, kasus dengan diregister dengan nomor Nomor LP/203/V/2017/SPKT Polda Sultra Tanggal 3 Mei 2017 masih dalam upaya lidik guna mengumpulkan bukti-bukti sebelum melangkah tahap selanjutnya.

“Penyidik akan periksa saksi dulu, untuk terlapor belum diperiksa tapi kalau sudah diperiksa saksi pasti akan dipanggil juga,” ujarnya.

Untuk diketahui, kasus ini bermula pada September 2015, saat itu Amran bertemu dengan terlapor Yamin di Buteng. Dalam pertemuan itu hasilnya Yamin menjanjikan Partai Nasdem kepada Mansur Amila.

Kemudian Yamin meminta kepada Kasim untuk dipertemukan dengan Mansur Amila, untuk memfasilitasi agar Partai Nasdem mengusung Mansur Amila di Pilkada Buteng 2017 lalu.

Dalam peretemuan itu juga disepakati Mansur Amila harus meneyetor uang sebesar Rp 300 juta  kepada Yamin dipertemuan pertamanya 26 Oktober 2015. Pada pertemuan keduanya 23 Desember 2015 Amran kembali menyerahkan Rp 100 juta kepada Yamin. (rs)

Click to comment
To Top