Karantina Pertanian Antisipasi OPTK – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Kolaka Raya

Karantina Pertanian Antisipasi OPTK

Petugas Karantina Pertanian memantau OPTK pada tanaman padi, jagung, dan coklat di Kabupaten Kolaka Utara.

KENDARI – Petugas Karantina Pertanian selama beberapa bulan terakhir mengintensifkan pemantauan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) di beberapa Kabupaten di Sultra, baik yang di daratan maupun wilayah kepulauan.

Humas Badan Karantina Pertanian Kendari, Laode Aminustari mengatakan, fokus pemantauan di daerah ini adalah penyakit pada tanaman padi, jagung dan coklat. Tiga komoditi tersebut merupakan unggulan dari kabupaten Kolaka Utara.

“Kami sengaja melakukan pemantauan pada tiga komuditas tersebut, karena kami menilai ketiga komoditas ini adalah komoditas unggulan daerah setempat,” ujar Aminustari.

Aminustari juga menjelaskan, saat menyusuri persawahan dan perkebunan milik masyarakat, petugas mengamankan beberapa bagian tanaman yang dicurigai terserang penyakit untuk diperiksa lebih lanjut di laboratorium.

“Kalau ada tanaman yang kami curigai terserang penyakit, maka kami akan memeriksakannya ke laboratorium positif atau negatif. Olehnya itu kami tidak boleh berspekulasi dalam hal ini, melainkan harus ada uji ilmiah dari laboratorium,” pungkasnya. (rs)

Click to comment
To Top