Garuda Terbang Perdana Sebelum Lebaran di Sugimanuru – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Probiz

Garuda Terbang Perdana Sebelum Lebaran di Sugimanuru

Garuda ATR 70

RAHA – Sempat mulur beberapa bulan dari jadwal yang direncanakan akhir 2016 lalu, maskapai penerbangan Garuda Indonesia akhirnya memastikan kesiapan untuk beroperasi di Bandara Sugimanuru pada H-7 lebaran Idulfitri 1438 Hijriah akhir Juni mendatang. Itu kesepakatan Garuda dan Pemkab Muna dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Bupati Muna melalui Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Muna, Amiruddin Ako mengungkapkan, Pemkab Muna telah menyiapkan subsidi Rp8 miliar untuk maskapai Garuda Indonesia. Subsidi tersebut sengaja disiapkan untuk membayar kursi yang kosong dalam setiap kali penerbangan.

“Setiap ASN yang melakukan perjalanan dinas, harus menggunakan penerbangan di Bandara Sugimanuru. Kita akan membuat surat edaran untuk ini, sehingga dana subsidi Rp8 miliar tidak habis terpakai,” katanya.

Sebelum pesawat jenis ATR itu mengudara di Bandara Sugimanuru kata dia, Pemkab Muna terlebih dahulu harus melengkapi beberapa syarat yang diwajibkan pihak maskapai, yaitu  penyediaan taxi way, potensi pariwisata daerah dan surat keterangan dari kepala bandara terkait kelayakan landasan pacu. “Syarat itu kita semuanya kita penuhi,” kata Amiruddin Ako.

Soal penyediaan taxi way, Pemkab Muna akan menggandeng pihak ketiga, untuk menjamin kenyamanan penumpang. “Sudah ada pihak ketiga yang bersedia menyediakan armada,” ucapnya.

Pesawat Garuda yang akan beroperasi di Bandara Sugimanuru merupakan pesawat jenis ATR dengan kapasitas 70 penumpang. Pesawat ini akan beroperasi tiga kali dalam seminggu,  yakni, Senin, Rabu dan Jumat pukul 07.00 Wita. (rs)

Click to comment
To Top