UHO Gelar Debat Bahasa Inggris – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

UHO Gelar Debat Bahasa Inggris

Pelaksanaan lomba debat bahasa Inggris yang dilenggarakan oleh Universitas Halu Oleo, di aula FKIP UHO, Selasa (18/4).

KENDARI –Universitas Halu Oleo (UHO), menyelenggarakan kompetisi lomba debat bahasa Inggris tingkat universitas di Aula FKIP, kemarin. Ini adalah seleksi untuk mendapatkan mahasiswa yang bisa mewakili UHO di kancah nasional.

Dalam perhelatan akbar tersebut, panitia mengusung tema “Tingkatkan Penggunaan Bahasa Inggris Untuk Tingkatkan Daya Saing Bangsa Memasuki Persaingan Global”.

Ketua panitia kegiatan lomba debat, Mustamir Anggo mengatakan, kegiatan tersebut adalah lomba debat bahasa inggris, yang diadakan oleh Universitas Halu Oleo yang diikuti 24 tim dari berbagai   Fakultas di UHO.

“Ini adalah perlombaan tingkat Universitas, untuk mencari dua orang yang akan mewakili UHO di tingkat regional yang akan berlangsung di Makassar Mei mendatang,” ucap ketua panitia sekaligus Wakil Deka III FKIP itu.

Katanya, pengguasaan bahasa inggris sangat penting bagi mahasiswa sendiri. Apalagi, Indonesia sudah masuk dalam era persaingan global.

“Maka, satu hal penting yang perlu dimiliki seseorang untuk memasuki era global adalah kempauan komunikasinya dan salah satunya kemapuan berbahasa inggris,” jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa, sebenarnya lomba debat ini merupakan kegiatan tahunan, hanya saja di tahun ini, baru dibuka kesempatan untuk diikuti oleh semua fakultas. Karena tahun sebelumnya hanya diikuti jurusan bahas inggris saja.

Pesertanya berjumlah 24 tim, setiap tim terdiri dari 2 orang. Rupanya banyak peserta dari Fakultas lain seperti Kedokteran, Mipa dan Pertanian yang memiliki kemapuan berbahasa inggrisnya bagus-bagus.. Bahkan, tidak kalah dari jurusan bahasa inggris,” ujarnya.

Masalah prestasi kata Mustamir Anggo, UHO sebelumnya belum pernah juara ditingkat nasional.

“Kami berharap tahun ini, Universitas Halu Oleo bisa menembus ke tingkat nasional dan bahkan meraih juara. Apapun juaranya yang penting kita juara,” ungkapnya denga tersenyum.

Selain itu, ia juga mengharapkan ditahun depan peserta lomba debat semakin banyak. Sehingga, betul-betul UHO mencari mahasiswa terbaik dari yang terbaik. (rs)

Click to comment
To Top