Tebusan Taks Amnesti Sultra Rp59,5 Miliar – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Probiz

Tebusan Taks Amnesti Sultra Rp59,5 Miliar

Joko Rahutomo

KENDARI – Tax Amnesty (TA) atau pengampunan pajak yang diperuntukan kepada Wajib Pajak dengan tebusan yang sangat kecil pada tiga priode berturut-turut telah berakhir per 31 Maret 2017. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari mampu mengumpulkan tebusan sebanyak Rp59,5 miliar dengan 970 jumlah Surat Pernyataan Harta (SPH).

Kepala KPP Pratama Kendari, Joko Rahutomo menjelaskan, pada periode ketiga, pihaknya agak surprise dengan angka tebusan Rp10,6 miliar. “Karena menurut hitung-hitungan kami, untuk periode ketiga atau priode terakhir dari TA, tebusan hanya berkisar diangka Rp5-6 miliar. Tetapi ternyata lebih besar dari hitung-hitungan kami,” katanya.

Meski demikian, jumlah SPH katanya masih akan terus bertambah karena puluhan berkas yang masuk sebelum 31 berakhir atau pukul 24:00 Wita dan belum terinput disistem. Tetapi untuk jumlah keseluruhan tebusan sudah pasti berada diangka Rp 59,5 miliar.

Joko Rahutomo sangat menyayangkan masyarakat yang tidak memanfaatkan adanya Tax Amnesty yang berlangsung selama tiga priode dengan lama tiga bulan per periode, menurutnya TA merupakan kejadian yang sangat langka dalam dunia perpajakan karena tebusan atau sanksi nya yang sangat kecil jika dibandingkan diluar TA.

“Mulai 1 April, sudah berjalan normal kembali, kalau ditemukan data harta yang belum dilaporkan Wajib Pajak (WP), kita bagi dua. Pertama, kalau harta yang ditemukan merupakan milik WP yang sudah ikut TA, maka temuan itu dianggap penghasilan saat ditemukan, dan dikenakan tarif normal plus denda 200 persen. Sedangkan kalau ditemukan data dan WP tersebut tidak ikut TA maka hartanya juga kita anggap sebagai penghasilan saat itu juga kita kenakan tarif normal dan sanksinya 2 persen maksimal 24 bulan,” tambahnya. (rs)

Click to comment
To Top