Potensi Desa Amokuni Berlimpah, Digadang Desa Percontohan – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Konawe Raya

Potensi Desa Amokuni Berlimpah, Digadang Desa Percontohan

Kadis BPMD, I Putu Darta Didampingi Camat Ranbar, Rahmat Saleh saat penilaian lomba desa di Desa Amokuni

ANDOOLO – Desa Amokuni Kecamatan Ranomeeto Barat (Ranbar) Kabupaten Konawe Selatan mewakili Kecamatan Ranbar dalam penilaian lomba desa di tingkat kabupaten.

Camat Ranomeeto Barat, Rahmat Saleh S.Stp mengemukakan dipilihnya Desa Amokuni sebagai wakil kecamatan dalam lomba desa evaluasi perkembangan desa sebab partisipasi masyarakat Desa Amokuni telah andil dalam membangun desa.

Rahmat mengatakan masyarakat Amokuni dengan memiliki potensi pertanian dan perkebunan terbilang mandiri utamanya dalam melakukan pengelolaan potensi desa.

“Sehingga Desa Amokuni yang mewakili kecamatan ini juga kita lihat sebagai salah satu desa di Ranbar yang merupakan desa lokal,” ungkap Rahmat.

Rahmat menuturkan potensi pertanian di  Desa Amokuni yang menonjol dengan adanya pertanian ubi jalar seluas 35 hektar yang dikelola oleh petani desa.

Tak hanya itu, tambahnya, potensi sayur mayur dan persawahan mendukung potensi desa sebagai penopang mata pencaharian warga.

Rahmat berharap Desa Amokuni yang memiliki potensi pengairan, pertanian, peternakan, perkebunan serta partisipasi masyarakat dan peran perempuan dapat menjadi juara dalam penilaian lomba desa tahun ini. Sehingga menjadi desa percontohan di Konsel.

Ditempat yang sama, Kepala BPMD Konsel, Drs I Putu Darta ST MT menuturkan lomba desa dan evaluasi desa ini guna mengecek bperkembangan desa yang telah menjadi wakil-wakil kecamatan. Indikatornya, kata Putu, dengan melakukan skoring dari segi pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Dimana penilaiannya berdasarkan variabel 19 variabel berdasarkan permendagri No 81 tahun 2015.

“Kita menilai lomba desa sejauh mana tingkat perkembangan desa itu sendiri.  Selanjutnya desa yang menang akan menjadi desa percontohan di Konsel. Dan akan menjadi rujukan dari 336 desa yang ada Konsel,” ujar Putu.

Melihat potensi Desa Amokuni, tambahnya, jika Desa Amokuni memiliki potensi yang begitu besar. Misalkan saja partisipasi masyarakatnya, serta produksi sektor pertanian.

Terlebih lagi, Desa Amokuni memiliki sumber air yang belum tercemar untuk mengairi persawahan-persawahan para petani Desa Amokuni. (rs)

Click to comment
To Top