Festival Lulo Kreasi Meriahkan HUT Koltim – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

Festival Lulo Kreasi Meriahkan HUT Koltim

Lomba lulo kreasi yang dihelat dalam rangkaian HUT Koltim, Senin (17/4).

TIRAWUTA – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Kolaka Timur ke-4 berbagai kegiatan digelar, salah satunya festival lulo kreasi. Festival ini sebagai bentuk upaya pelestarian budaya Sultra bagi generasi muda.

Festival kreasi tersebut diikuti oleh 14 instansi yang ada di lingkup Pemda Koltim, dengan menampilkan berbagai kreasi lulo yang digabungkan dengan alunan musik gendang dan elekton.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah dalam sambutannya mengatakan  festival ini sebagai bentuk pelestarian budaya daerah. “Kita perlu berbangga seni budaya lulo bisa terus dikembangkan dengan mengikuti zaman. Kalau dulu pake gendang sekarang menjadi elekton. Jika lulo tidak dikreasi maka akan terlindas oleh zaman,” ucap Tony saat membuka festival kreasi lulo, di gedung Aula DPRD Koltim, Senin (17/4).

Menurutnya, dengan bergandengan tangan merupakan simbol gotong royong yang tertuang dalam kreativitas budaya lulo. “Lulo ini penuh dengan keceriaan dan keramahtamahan maka harus dikembangkan,” katanya.

Implementasi dari perlombaan ini diharapkan bisa meluas hingga ke pelosok karena budaya ini patut dikembangkan namun tetap memprioritaskan kesenian yang ramah dan tetap menampilkan pakaian sopan.

Selain lomba lulo kreasi beragam kegiatan juga digelar seperti lomba karaoke antar kecamatan dan lomba masak, lomba kebersihan dan sepakbola. (rs)

Click to comment
To Top