Dewan Nilai Pelatihan Perangkat Desa Tidak Efektif – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

Dewan Nilai Pelatihan Perangkat Desa Tidak Efektif

Rumianto

RUMBIA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana menilai pelatihan-pelatihan yang selama ini diikuti para perangkat desa di Bombana tidak efektif meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa.

Anggota Komisi III DPRD Bombana, Rumianto mengatakan, setiap tahunnya pemerintah desa menganggarkan peningkatan SDM di desa, namun perangkat desa tetap memiliki keterbatasan kemampuan dalam membuat laporan pertanggung jawaban (SPJ) keuangan desa.

“Setiap tahun ada alokasi anggaran yang cukup besar untuk Peningkatan SDM perangkat desa namun membuat SPJ saja sudah tidak mampu, jadi tidak ada gunanya pelatihan yang selama ini mereka lakukan, ” ujar Rumianto.

Sambung dia, jadi bisa disimpulkan pelatihan yang mereka ikuti selama ini tidak memiliki relevansi dengan kebutuhan administrasi pertanggung jawaban keuangan di desa.

“Seandainya setiap tahun format laporan keuanga berubah, ya mungkin saja, tapi format laporan keuangan tidak pernah berubah,” paparnya.

Politisi Demokrat ini menilai, memang ada yang tidak singkron antara pelatihan-pelatihan yang dilakukan dengan peningkatan kualitas perangkat-perangkat desa. (rs)

Click to comment
To Top