BPS Gelar Ratekda – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Probiz

BPS Gelar Ratekda

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Dr. Ir. Sasmito Hadi Wibowo M.Sc. saat memberikan keterangan pers pada Rapat Teknis Daerah (Ratekda) BPS se-Sultra.

 

 

KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengelar Rapat Teknis Daerah (Ratekda) dengan menghadirkan seluruh BPS Kabupaten/Kota se-Sultra, di salah satu hotel di Kota Kendari, belum lama ini. Raketda diselenggaran demi meningkatkan pelaksanaan Sensus Ekonomi (SE) menuju Sensus Nasional (Sensusnas) 2017.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pemimpin BPS kabupaten/kota se-Sultra. Turut dihadiri pula Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS RI, Sasmito Hadi Wibowo.

Sasmito menuturkan, apa yang menjadi isi Ratekda, sama dengan sensus ekonomi yang dilakukan 10 tahun sekali, yang pertama kali dilakukan pada 1986, kemudian pada 1996, 2006 dan sekarang 2016.

“Dalam sensus ini kita dapat melihat jumlah pengusaha di seluruh Indonesia khususnya Sultra, selain itu juga dapat melihat aktifitas ekonomi dalam aset-aset maupun tenaga kerja yang diserap oleh aktifitas ekonomi non pertanian,” tuturnya.

Dia mengatakan, Ratekda dilaksanakan untuk memantapkan dan meningkatkan kualitas hasil Sensus Ekonomi (SE) 2016 yang sudah ada agar lebih baik. Selain itu, untuk mendorong dan mengingatkan BPS semua daerah di Sultra lebih meningkatkan budaya kerja guna menghadapi Sensusnas 2017.

“Agar kedepan yang utama itu kita dalam memberikan pelayanan bahwa data yang kita sajikan merupakan data yang berkualitas, dan data yang memang menggambarkan situasi yang sebenarnya semua aktifitas, bukan saja aktifitas ekonomi, sosial dan aktifitas lainnya yang bisa di potret, kemudian nantinya data itu kita sajikan di berbagai pihak oleh BPS kabupaten kota secara sempurna,” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga digelar untuk memberikan semangat bagi BPS Sultra dalam menyajikan data yang ada di daerahnya. “Makanya saya hadir dan berkumpul disini guna memberi semangat dan strategi apa saja dalam menghindari masalah yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak baik,” ujarnya.

Dia menyarankan BPS kabupaten kota di Sultra, agar meningkatkan Sumber daya Manusia (SDM) – nya.“Yang intinya SDM BPS di semua daerah memang bisa diandalkan baik nasional maupun mancanegara yang sesuai dengan aktifitas yang mereka lakukan, dan satu yang lebih menarik yang ingin saya sampaikan sebagai contoh buat BPS di sutra misalnya salah satu kota di Jakarta selatan yang pernah saya lihat itu dalam menyusun indeks mereka bisa paling maju untuk di indonesia,” tambahnya.Sasmito juga berharap BPS kabupaten/kota dalam menyusun indeks bisa menyamai kualitas hasil BPS Kota Jakarta Selatan.

“Karena saya lihat disana merupakan kota termaju di Indonesia bisa membuat rancangan seperti itu, mudah-mudahan kehadiran saya disini bisa membagi apa apa saja indicator guna mencapai apa yang telah diraih Jakarta selatan, serta apa saja yang dibutuhkan,” tutupnya. (rs)

Click to comment
To Top