BI Siapkan Rp1,5 Triliun saat Ramadan – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Probiz

BI Siapkan Rp1,5 Triliun saat Ramadan

Bahtiar Zaadi

KENDARI –  Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sultra sudah memproyeksikan kebutuhan uang untuk masyarakat Sultra sepanjang Ramadan 1438 Hijriah hingga Lebaran nanti.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bidang Manajemen Intern dan Sistem Pembayaran KPwBI Sultra, Bahtiar Zaadi, Selasa (18/4) mengatakan khusus bulan ramadan tahun ini pihaknya akan menyediakan uang sebanyak Rp1,5 triliun.

“Jumlah ini naik dibanding Ramadan tahun lalu. Saat Ramadan tahun lalu, kebutuhan uang untuk masyarakat Sultra sekitar Rp1,1 triliun. Dengan jumlah itu, tahun ini kita sediakan Rp1,5 triliun,” katanya.

BI kata Bahtiar memberikan jumlah yang lebih besar dari tahun sebelumnya, karena melihat trend pertumbuhan kebutuhan uang berada pada kisaran 10 persen. Proyeksi kebutuhan masyarakat akan uang yang terbilang cukup besar tersebut akan dipenuhi pihak BI dengan menambah uang dari Makassar jika diperlukan.

Posisi kas BI sampai dengan Maret 2017, tercatat lebih banyak uang masuk dari perbankan dibanding uang keluar.

“Kalau memang diperlukan penambahan uang, kita akan tambah lagi. Tetapi kita lihat posisi uang masuk dulu, karena sampai saat ini masih banyak uang masuk kas BI. Artinya uang yang masuk ke BI lebih banyak dibandingkan uang keluar,” bebernya.

Sampai Maret 2017, posisi inflow sebanyak Rp1,2 triliun. Sedangkan outflow sebanyak Rp402 miliar dengan net inflow berada di posisi Rp800 miliar. Sedangkan uang tidak layak edar yang telah dimusnahkan sebanyak Rp68,9 miliar dan uang palsu (Upal) berdasarkan hasil laporan perbankan di BI sebanyak 82 lembar yang didominasi pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.

“Kalau untuk posisi kas besar BI sampai saat ini sebanyak Rp 1,5 triliun, jumlah ini sudah termasuk kas titipan di Baubau dan Kolaka,” tandasnya. (rs)

Click to comment
To Top